Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Kelayakan Wilayah Dampingan Oleh Yayasan Atap Rumah Rakyat Indonesia Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto

Authors

  • Monika Milala STMIK Triguna Dharma
  • Nurcahyo Budi Nugroho STMIK Triguna Dharma
  • Suardi Yakub STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.4505

Abstract

Yayasan Atap Rumah Rakyat Indonesia merupakan incubator pemberdayaan sumber daya masyarakat melalui proses pendampingan. Dimana dalam prosesnya pengelolaan dan penyelenggaraan dari oleh dan untuk masyarakat.  Tujuan utama dari yayasan ini ialah menciptakan kualitas pendidikan dan lingkungan hidup yang baik. Program yang dilakukan dilaksanakan dengan berlandaskan pada prinsip-prinsip Akademik, Jiwa kewirausahaan dan prosfesionalisme. Sehingga menghasilkan program pengabdian masyrakat yang bermutu, relevan, dan sinergis dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat.           Dari permasalahan tersebut dibutuhkan suatu sistem pendukung keputusan untuk mempermudah pelaksanaan mencari wilayah dampingan yang layak untuk didampingi. Hal ini dapat dilakukan dengan metode Fuzzy Tsukamoto. Fuzzy Tsukamoto merupakan metode yang digunakan untuk membantu dalam pemberian rekomendasi secara cepat, tepat, dan akurat. Sehingga metode ini relevan digunakan oleh yayasan atap rumah rakyat Indonesia untuk menentukan wilayah dampingan pengabdian masyarakatnya.           Oleh karena itu, yayasan atap rumah rakyat indonesia membutuhkan suatu sistem yang dapat menentukan wilayah dampingannya. Sistem tersebut dibuat berbasis desktop programming. Dan diharapkan sistem ini mempermudah untuk proses seleksi wilayah dampingan.

Author Biographies

Monika Milala, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Nurcahyo Budi Nugroho, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Suardi Yakub, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

References

Maskuri, “Kebijakan Sekolah Menengah Kejuruan di lingkungan pondok pesantren: studi terhadap Peraturan Daerah Jawa Timur nomor 9 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan,†Dissertation, pp. 1–318, 2018, [Online]. Available: http://digilib.uinsby.ac.id/25502/.

D. I. Margayaningsih, “Pemberdayaan Masyarakat Desa Sebagai Upaya Penanggulangan Kemiskinan,†Pemberdaya. Masy. Desa Sebagai Upaya Penanggulangan Kemisikinan, vol. 9, no. 1, pp. 158–190, 2016.

W. Budianingsih, “KEMISKINAN ( Studi Kasus Pada Desa Melung Kecamatan Kedungbanteng , Kabupaten Banyumas ) SKRIPSI Oleh : WULAN BUDININGSIH NIM . 1522201035 FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ( IAIN ) PURWOKERTO,†2019.

P. Marpaung and G. Hulu, “Efektivitas Pelaksanaan Pelayanan Sosial dan Pembinaan Terhadap Perilaku Anak Asuh,†J. Gov. Opin., vol. 4, no. 1, pp. 67–84, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/governanceopinion/article/view/259.

D. Model and F. U. Penentuan, “S a i n t e k o m,†vol. 1770, pp. 11–21, 2017.

A. D. Wulandari, “Partnership between YKKS and Society of Tandang in Resolving Dropouts Through Children Mentory Program on 2015-2016 This research discusses the partnership between,†pp. 1–18, 2016.

Downloads

Published

2021-09-30

URN