E-Decision Analisis System Untuk Menentukan SD Negeri Percontohan Pada Kecamatan Deli Tua Menggunakan Metode Weight Aggregated Sum Product Assessment (WASPAS)

Authors

  • Aprili Agusman STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Purwadi P STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Suardi Yakub STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i2.450

Abstract

Sekolah Dasar Negeri adalah tingkat pendidikan paling rendah sebelum memasuki SMP dan SMA. Banyak terdapat Sekolah Dasar yang terdapat di seluruh Indonesia misalnya di Provinsi Sumatera Utara, di Kabupaten Deli Serdang, pada Kecamatan Deli Tua. Tetapi dari sekian banyak Sekolah Dasar yang ada pada Kecamatan Deli Tua, pastilah ada satu Sekolah dasar yang memiliki tingkat paling baik, Baik dari segi Fasilitas, Tenaga Pengajar, maupun dari segi infrastruktur Sekolah tersebut. Yang sering di katakana Sekolah Dasar Negeri Percontohan. Tetapi pada saat ini pemilihan Sekolah Dasar Negeri Percontohan Pada Kecamatan Deli Tua masihlah menggukan cara yang manual yang kurang Efisien waktu maupun dana                Oleh karena itu diperlukan suatu proses untuk membantu dalam pemilihan Sekolah Dasar Negeri Percontohan menggunakan Sistem Pendukung Keputusan. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) merupakan suatu system yang mampu memberikan pemecahan masalah dengan kondisi semi terstruktur dan tak terstruktur. Dalam Sistem Pendukung Keputusan terdapat beberapa jenis Metode sesuai dengan manfaatnya. Salah satunya adalah metode Weight Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS).                Sistem yang dirancang dapat membantu instansi pendidikan di Kabupaten Deli Serdang dalam Menentukan Sekolah Dasar Negeri Percontohan Pada Kecamatan Deli Tua.

References

K. Anak and S. Dasar, “Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar,†no. 1, pp. 41–49, 2015.

D. Hermawan, D. B. Mulia, and M. I. Ramadhan, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Alat Mining Cryptocurrency Dengan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assessment ( WASPAS ),†pp. 560–566, 2018.

A. J. Putra, L. A. Abdillah, and H. Yudiastuti, “Penentuan Sekolah Dasar Negeri Terbaik Kota Palembang Dengan Metode Weighted Sum Model ( WSM ) Dan Weighted Product Model ( WPM ) Menggunakan Visual Basic . Net 2015,†Sentikom2016, no. September, pp. 1–6, 2016.

H. Sujaini and H. S. Pratiwi, “DOSEN TERBAIK MENGGUNAKAN METODE PROMETHEE ( STUDI KASUS : TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS TANJUNGPURA ),†vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2016.

S. Barus, V. M. Sitorus, and D. Napitupulu, “Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Guru Tetap Menerapkan Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment ( WASPAS ),†vol. 2, no. 2, pp. 10–15, 2018.

Y. P. W. Simaremare, A. Pribadi, S. Radityo, and P. Wibowo, “Perancangan dan Pembuatan Aplikasi pada Jurnal SISFO,†vol. 2, no. 3, pp. 470–475, 2013.

Downloads

Published

2022-08-02

URN