Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pakan Ternak Terhadap Hewan Kambing Untuk Penggemukan Tubuh Dengan Metode SAW (Simple Addtive Weighting)

Penulis

  • Bowan Lentera Putra STMIK Triguna Dharma
  • Zulfian Azmi STMIK Triguna Dharma
  • Marsono Marsono STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.4489

Abstrak

Ternak kambing merupakan komoditas peternakan yang erat kaitannya dengan kehidupan masyarakat di pedesaan. Biasanya kambing dipelihara oleh peternak sebagai usaha sampingan, dan bahkan ada yang menjadikan sebagai usaha pokok mereka karena berpotensi meningkatkan perekonomian masyarakat kecil. Ternak kambing di banyak negara berkembang telah dijadikan sebagai komoditas strategis sebagai instrumen pengentasan kemiskinan (proverty alleviation) oleh kelembagaan internasional. Agar mempermudah dalam proses penentuan keputusan terkait pemilihan pakan kambing maka dibuatlah sebuah program Sistem Pedukung keputusan. Sistem pendukung keputusan merupakan sistem yang berguna dalam membantu user dalam menentukan sebuah keputusan dengan proses yang sistematis. Sistem pendukung keputusan biasanya digunakan untuk menentukan suatu hal yang memiliki nilai kriteria yang dimana semakin banyak kriteria yang dipilih semakin besar kemungkinan sistem akan memilih objek tersebut. Dalam penyelesaian masalah terkait pemilihan pakan kambing ini, metode yang digunakan adalah metode SAW, Metode SAW ini memiliki perhitungan yang mudah dipahami.

Biografi Penulis

Bowan Lentera Putra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Zulfian Azmi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Marsono Marsono, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Referensi

P. S. D. A. N. D. P. DASAR, “Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,†vol. 4, pp. 9–16, 2020.

F. P. Nugraha, “Oleh T. Syahril Daoed, SE MM,†vol. 4, no. 2, pp. 165–188, 2019..

W. D. Puspitasari and D. K. Ilmi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Berprestasi Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp),†Antivirus J. Ilm. Tek. Inform., vol. 10, no. 2, pp. 18–19, 2016.

M. Saw, B. Web, R. Fauzan, Y. Indrasary, and N. Muthia, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Bidik Misi di POLIBAN Dengan,†vol. 2, no. 2, pp. 79–83, 2017.

A. S. Putra, D. R. Aryanti, and I. Hartati, “Metode SAW (Simple Additive Weighting) sebagai Sistem Pendukung Keputusan Guru Berprestasi ( Studi Kasus : SMK Global Surya),†Pros. Semin. Nas. Darmajaya, vol. 1, no. 1, pp. 85–97, 2018.

Diterbitkan

2021-09-30

Terbitan

Bagian

Articles

URN