Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Grandemultipara Menggunakan Metode Algoritma K-Nearest Neighbour

Authors

  • Muhammad Akmal Rustansyah Sirait STMIK Triguna Dharma
  • Darjat Saripurna STMIK Triguna Dharma
  • Puji Sari Ramadhan STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i1.4474

Abstract

Sistem Pakar adalah salah satu bagian dari Kecerdasan Buatan yang mengandung pengetahuan dan pengalaman yang dimasukkan oleh banyak pakar ke dalam suatu area pengetahuan tertentu, sehingga setiap orang dapat menggunakannya untuk memecahkan berbagai masalah yang bersifat spesifik, dalam hal ini adalah mendiagnosa penyakit grandemultipara. permasalahan yang di temukan dalam penelitian ini adalah analisis suatu permasalahan yang manual dan menunggu waktu lama menjadi kendala dalam mendiagnosa penyakit grandemultipara, maka dibutuhkan suatu sistem yang dapat mendiagnosa penyakit grandemultipara. Aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL Server. Penelitian ini menggunakan metode Case Based Reasoning. Adapun sumber data yang digunakan dalam meneliti adalah data-data primer dan sekunder dari press release, serta data yang diambil langsung dari pakar.Adapun hasil dari penelitian ini yaitu memberikan kemudahan kepada pengguna mengetahui kondisi kesehatan dan cara mengambil suatu tindakan yang tepat dan data yang telah diperoleh agar dapat dirancang dengan tepat agar tidak menimbulkan kesalahan yang fatal mengenai informasi penyakit grandemultipara.  Kata kunci : Sistem Pakar, Metode Case Based Reasoning, Penyakit Grandemultipara, PHP, MYSQL

Author Biographies

Muhammad Akmal Rustansyah Sirait, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Darjat Saripurna, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Puji Sari Ramadhan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

D. A. Ningsih et al., “Penerapan Metode VIKOR Pada Pengambilan Keputusan Seleksi Calon Penerima Beasiswa di SMK TPI Al-Hassanah Pematang Bandar,†vol. 2, no. 1, pp. 25–32, 2020.

A. Syahputra, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lokasi Pre-Wedding di Kota Medan dengan Menggunakan Metode VIKOR dan BORDA,†J. Sist. Komput. dan Inform., vol. 1, no. 3, p. 207, 2020, doi: 10.30865/json.v1i3.2159.

A. H. Hasugian and H. Cipta, “Pengertian Sistem Pendukung Keputusan,†J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 02, no. April, pp. 14–30, 2018.

B. Hariyanto, “Pengertian Sistem dan Perancangan,†Anal. Sist., pp. 8–24, 2008.

B. A. B. Ii and A. P. Sistem, “Sistem Pengeluaran Kas..., Novira Saputri, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UMP, 2017,†pp. 5–14, 2017.

M. S. Janry Haposan U. P. Simanungkalit, S.Si., “KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI ( Review ),†Lect. Notes Sist. Inf., pp. 1–10, 2012.

L. E. García Reyes, “Sistem Pendukung Keputusan Vikor,†J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2013.

Downloads

Published

2019-01-30

URN