Sistem Pakar Untuk Diagnosa Kerusakan Pada Proyektor Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor

Authors

  • Mario Tampubolon STMIK Triguna Dharma
  • Yopi Hendro Syahputra STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Calam STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i3.4472

Abstract

  Perkembangan komputer saat ini dirasa sangat pesat dan sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup manusia. Banyak pekerjaan manusia yang dapat diselesaikan oleh komputer, sehingga komputer menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.aKerusakan hardware pada proyektor merupakan masalah yang sering terjadi, berbagai macam kerusakan sering muncul, bisa diakibatkan oleh faktor penggunaan ataupun juga karena masa pemakaian proyektor yang sudah terlalu lama sehingga mengakibatkan bermacam-macam kerusakan. Sementara itu seorang teknisi pemula terkadang kesulitan ketika mendeteksi kerusakan proyektor secara tepat karena kerusakan tersebut memerlukan Deteksi dan harus melakukan pembongkaran terlebih dahulu sehingga memperlambat dalam memberikan informasi kerusakan kepada para pelanggannya.Agar mempermudah dalam proses mendeteksi sebuah kerusakan pada proyektor maka dibuatlah sebuah program SistemPakar. Sistem Pakar merupakan sistem yang mengadopsi pengetahuan layak nya seorang pakar. Sistem Pakar  biasanya digunakan untuk mendiagnosa penyakit ataupun mendeteksi suatu kerusakan yang gejalanya memiliki nilai kemungkinan atau bobot yang didapatkan dari pakar.Dalam penyelesaian masalah terkait mendeteksi kerusakan pada proyektor, metode yang digunakan adalah metode Certainty Factor. Metode Certainty Factor ini memiliki perhitungan yang mudah dipahami.

Author Biographies

Mario Tampubolon, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Yopi Hendro Syahputra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ahmad Calam, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

R. Haryani and E. Prima, “PENELITIAN Hubungan Pengetahuan , Sikap , dan Dukungan Keluarga Terhadap Perilaku Terjadinya Resiko Kehamilan Usia Dini,†vol. 05, no. 01, 2016.

L. K. Nasution, “Hubungan pendidikan pekerjaan dan peran teman sebaya dengan terjadinya pernikahan usia dini di desa janjimauli muaratais iii,†vol. 8, no. 3, pp. 124–129, 2020.

“No Title,†vol. 2, no. 1, pp. 66–70, 2017.

T. H. E. Role, O. F. Education, R. On, and T. Pregnancy, “REMAJA Pada tahun 2014 World Health Statistics menunjukkan bahwa angka kejadian kehamilan perbatasan antara perkotaan dan pedesaan , sehingga terdapat beberapa ibu hamil yang masih,†vol. 5, no. 1, pp. 11–20, 2018.

D. Kecemasan, I. Pasca, Y. Andriani, S. Setyowati, and Y. Afiyanti, “Paket Pendidikan Kesehatan ‘ Tegar ’ Terhadap Pengetahuan , Sikap,†vol. 7, no. 1, pp. 75–84, 2020.

R. A. . and M. Salahudin, Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). INFORMATIKA BANDUNG, 2018.

Fitri Ayu and Nia Permatasari, “perancangan sistem informasi pengolahan data PKL pada divisi humas PT pegadaian,†J. Infra tech, vol. 2, no. 2, pp. 12–26, 2018, [Online]. Available: http://journal.amikmahaputra.ac.id/index.php/JIT/article/download/33/25.

B. R. Achmad Maezar Bayu Aji, Verry Riyanto, Ganda Wijaya, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Produk Percetakan Berbasis Web Dengan Pemodelan UML,†vol. 8, no. 1, pp. 56–61, 2018.

Munawar, Analisis Perancangan Sistem Berorientasikan Objek dengan UML (Unified Modeling Language). 2018.

Downloads

Published

2020-03-30

Issue

Section

Articles

URN