Sistem Pakar Dalam Mendiagnosa Penyakit Kelainan Tulang Belakang (SKOLIOSIS) Dengan Metode Dempster Shafer

Authors

  • Faradilla Faradilla STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Darjat Saripurna STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Ita Mariami STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.4464

Abstract

Penyakit kelainan tulang belakang (Skoliosis), mempunyai kendala dalam mengatasi masalah gejala-gejala yang mengakibatkan sakit pinggang, lumpuh, komplikasi, dan cacat permanen. Kurangnya pengetahuan masyarakat, dapat mengakibatkan penyakit kelainan tulang yang mengakibatkan kelumpuhan permanen tanpa dilakukan pencegahan. Dengan begitu, masyarakat membutuhkan adanya sistem yang bisa membantu dalam mendiagnosa penyakit tulang belakang (Skoliosis).       Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan sebuah sistem yang dapat mendapat mendiagnosa penyakit tulang belakang yaitu sistem pakar. Dalam proses sistem pakar, menggunakan metode yang  dapat membantu dalam mememcahkan masalah dalam mendiagnosa penyakit tulang belakang adalah Dempster Shafer yang dapat mengetahui probabilitas atau persentase dari penyakit yang dialami pasien. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan sebuah sistem yang dapat mendapat mendiagnosa penyakit tulang belakang yaitu sistem pakar. Dalam proses sistem pakar, menggunakan metode yang  dapat membantu dalam mememcahkan masalah dalam mendiagnosa penyakit tulang belakang adalah Dempster Shafer yang dapat mengetahui probabilitas atau persentase dari penyakit yang dialami pasien.       Hasil penelitian ini diterapkannya dapat membantu mendiangosa kelainan tulang belakang (Skoliosis) lebih akurat dan efisien berdasarkan nilai kepercayaan dari pengetahuaan pakar.            

References

RATNA NATALIA, "PENGARUHJUMLAH DAN JENIS KENDARAAN TERHADAP PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (PKB)DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DI PROVINSI KALIMANTAN BARAT," UNIVERSITAS TANJUNGPURAPONTIANAK, pp. 1-21, 2017.

Rieke Widya, Desiana Sri, and Mangesti Rahayu Dwiatmanto, "ANALISIS SISTEM DALAM PEMBERIAN KREDIT KENDARAAN BERMOTOR (KKB) UNTUK MENDUKUNG PENGENDALIAN MANAJEMEN KREDIT (Studi pada Perusahaan Daerah BPR Bank Jombang Kabupaten Jombang)," 2014.

M.Si Nia Anggraini SE., "Strategi Pemasaran Sepeda Motor Merek Honda Tipe Matic (Studi Kasus PT. HOHO Pekanbaru)," vol. I, no. 2, Desember 2018.

Muhammad Rio and Ervandra Putra, "ANALISIS PENYELESAIAN KREDIT MACET AKIBAT DEBITUR WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN PEMBIAYAAN KONSUMEN DI KANTOR PT ARTHABUANA MARGAUSAHA FINANCE CABANG SURAKARTA," 2017.

Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS),., 2019. [Online]. https://seminar-id.com/semnas-sainteks2019.html

Hotmoko Tumanggor, Mardiana Haloho, Putri Ramadhani, and Surya Darma Nasution, "Penerapan Metode VIKOR Dalam Penentuan Penerima Dana Bantuan Rumah Tidak Layak Huni," 2018. [Online]. http://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/jurikom|Page|71

Downloads

Published

2021-09-30

URN