SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN BUAH NAGA MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR (CF)

Penulis

  • jelita marbun STMIK Triguna Dharma
  • Badrul Anwar STMIK Triguna Dharma
  • Azanuddin Azanuddin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i12.4457

Abstrak

Dalam budidaya tanaman buah naga mudah dilakukan akan tetapi bukan berarti tidak memiliki kesulitan. Banyaknya tanaman buah naga yang sering terserang penyakit dapat menurunkan hasil pada saat masa panen. Salah satu permasalah yang dapat dihadapi petani dalam budidaya tanaman buah naga adalah adanya hama dan penyakit yang menyerang tanaman. Masalah yang dihadapi para petani buah naga ini yaitu susahnya petani dalam mendiagnosa hama dan penyakit pada tanaman buah naga dan kurangnya pengetahuan di tingkat petani dalam menangani hama dan penyakit pada tanaman buah naga dan sulitnya menemui seorang pakar yang mampu mendiagnosa tanaman tersebut tanaman buah naga . Terdapat beberapa faktor yang dapat memicu munculnya hama dan penyakit pada tanaman pertanian, diantaranya adalah kondisi cuaca, kondisi lingkungan yang kurang unsur hara, dan kurangnya pengetahuan di tingkat petani dalam menangani hama dan penyakit pada tanaman buah naga . Untuk mengatasi permasalahan hama dan penyakit pada tanaman buah naga maka dari itu harus ada cara pengobatan dan pananggulangan pada hama dan penyakit untuk buah naga ini termasuk juga cara mendeteksi awal hama dan penyakit tanaman buah naga harus cepat. Dalam  hal ini maka memerlukan sebuah metode yang mampu dan teruji dalam mendiagnosa penyakit buah naga untuk menyimpulakan hasil keputusan menggunakan sistem pakar. Sistem pakar adalah sebuah sistem yang dibangun dengan berbasis komputer,  dimana Certainty Factor untuk mengambarkan tingkat keyakinan pakar terhadap masalah yang sedang dihadapiHasil yang didapatkan dalam aplikasi berbasis dekstop yang menggunakan metode Certainty Factor yaitu menampilkan presentasi berupa nilai untuk mengasumsikan derajat keyakinan serta solusi yang tepat untuk menangani penyakit tanaman buah naga dengan menampilkan dalam bentuk laporan dengan cepat dan efisien.Kata kunci: Sistem Pakar,Certainty Factor,Hama dan Penyakit Tanaman     Buah Naga

Biografi Penulis

jelita marbun, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Badrul Anwar, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Azanuddin Azanuddin, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Referensi

D. Yusuf, A. Hidayat, T. Informatika, and P. N. Banyuwangi, “PENGEMBANGAN SISTEM DIAGNOSA HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN BERBASIS WEB SEBAGAI SARANA INFORMASI DAN UPAYA PENINGKATAN PENDAHULUAN Indonesia sebagai Negara Agraris membuka peluang besar masyarakat untuk mengembangkan Pilihan usaha pada bidang adalah berbasis ,†no. September, pp. 736–745, 2017.

E. Ongko, “Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Balita,†J. Time, vol. II, no. 1, pp. 1–5, 2014, doi: 10.1007/s13398-014-0173-7.2.

R. N. Bugis, F. T. Industri, and C. Factor, “SISTEM PAKAR DIAGNOSIS HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN KELAPA MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR BERBASIS Jika kita hanya menambahkan CF R1 dan R2 , kepastian kombinasinya akan lebih dari 1 memodifikasikan jumlah kepastian melalui penambahan faktor kepast,†vol. 3, no. 1, pp. 284–289, 2019.

S. Kasus, B. Proteksi, T. Pangan, and O. Penganggu, “( PITAYA ) MENGGUNAKAN METODE CASE BASED RESOANING ( CBR ).â€

A. Fadli, “Sistem Pakar Dasar,†pp. 1–8, 2010.

H. Listiyono, “Merancang dan Membuat Sistem Pakar,†vol. XIII, no. 2, pp. 115–124, 2008.

Diterbitkan

2020-12-30

Terbitan

Bagian

Articles

URN