Implementasi Metode Multi Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (Moora) Dalam Menentukan Kualitas Buah Durian Layak Ekspor Pada Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Utara

Authors

  • shinly wiyuda tarigan STMIK Triguna Dharma
  • Asyahri Hadi Nasyuha STMIK Triguna Dharma
  • elfitriani elfitriani STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i3.4456

Abstract

Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Utara menjadikan buah Durian sebagai  penjualan impor dan ekspor hasil perkebunan. Kualitas buah Durian sangat berperan penting untuk pemasaran yang lebih baik dan berkembang. Untuk mendapatkan kualitas buah durian layak diekspor kantor Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Utara terdorong untuk menyusun strategi pengembangan Durian di Indonesia dalam upaya pemilihan jenis buah durian yang layak diekspor dalam negeri maupun luar negeri. Untuk mengambil keputusan menentukan jenis  kualitas buah Durian layak ekspor diselesaikan dengan menerapkan suatu ilmu pengambilan keputusan yaitu Sistem Pendukung Keputusan (SPK). SPK ini menggunakan salah satu metode yaitu Multi Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA), merupakan metode yang dibangun untuk menyesuaikan kondisi dari sekumpulan alternatif berdasarkan kriteria, sehingga dapat menyelesaikan permasalahan. Dari sistem yang dirancang dapat dilakukan perhitungan untuk mengidentifikasi attribut evaluasi yang bersangkutan dan menginputkan nilai kriteria pada suatu alternatif dimana nilai tersebut nantinya akan diproses dan hasilnya akan menjadi sebuah keputusan. sehingga hasil yang diperoleh yaitu nilai tertinggi dari perangkingan akan dipilih dan diekspor oleh Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Utara.

Author Biographies

shinly wiyuda tarigan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Asyahri Hadi Nasyuha, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

elfitriani elfitriani, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

References

R. H. Mambrasar et al., “Seminar Nasional Pendidikan Biologi FKIP UNS 2010 Seminar Nasional Pendidikan Biologi FKIP UNS 2010 155,†Anal. KERAGAMAN DNA Tanam. DURIAN SUKUN (Durio zibethinus Murr.) BERDASARKAN PENANDA RAPD, 2016.

W. D. Marsono, Ahmad Fitri Boy, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Menu Makanan pada Penderita Obesitas dengan menggunakan Metode Topsis,†Semin. Nas. Sains Teknol. Inf., vol. 14, pp. 135–140, 2018.

S. Wardani, Solikhun, and A. Revi, “Analisis Sistem Pendukung Keputusan Penyeleksian Siswa Calon Peserta Olimpiade Dengan Metode MOORA,†J. Teknovasi, vol. 05, no. 01, pp. 18–26, 2018.

C. Fadlan, A. P. Windarto, and I. S. Damanik, “Penerapan Metode MOORA pada Sistem Pemilihan Bibit Cabai ( Kasus : Desa Bandar Siantar Kecamatan Gunung Malela ),†J. Appl. Informatics Comput., vol. 3, no. 2, pp. 2–6, 2019.

D. Sebagai and K. Budidaya, “MENINGKATKAN KUALITAS BUAH DURIAN,†pp. 1–5, 2016

Downloads

Published

2019-03-30

Issue

Section

Articles

URN