Sistem Pendukung Keputusan Mencari Pelaksana Program Kerja Terbaik Dari Study Kasus P2KB&P3A Dari 22 Kecamatan Deli Serdang Menggunakan Metode MOORA

Authors

  • Jaka Tirta Samudra STMIK Triguna Dharma
  • Azanuddin A STMIK Triguna Dharma
  • Purwadi P STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.445

Abstract

Dinas P2KBP3A merupakan instansi pemerintah yang bergerak pada 6 subbidang seperti Pemberdayaan Penduduk (PMP), Keluarga Berencana (KB), Pemberdayaan Perempuan (PP), Perlindungan Anak (PA), Perlindungan Perempuan (P2), Kesehatan Keluarga (SK). Untuk menjalankan setiap subbidang terbentuk akan program kerja pada setiap subbidangnya.Oleh karena itu dalam mengatasi masalah yang telah tersusun berbagai aspek pendukung renja 1 tahun yang dilaksanakan dalam menentukan dari setiap desa binaan yang terbaik pada setiap divisi di program kerja yang telah terlaksana.Dalam menentukan program kerja terbaik dibaut dari aspek pendukung dari kriteria yang sesuai secara langsung dari data primer di instansi yang dibutuhkan serta membuat aplikasi sistem pendukung keputusan dengan menerapkan metode Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA).Dari hasil penelitian ini akan menghasilkan sebuah aplikasi sistem yang dipergunakan oleh instansi P2KBP3A dalam menentukan program kerja terbaik dari renja 1 tahun.

References

K. Haluana and W. Mustafa, “Peran Kecamatan dalam Pembangunan Infrastruktur Jalan di Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang,†J. Ilmu Pemerintah. dan Sos. Polit. UMA, vol. 4, no. 1, pp. 11–22, 2016.

D. Michael, “Pengelolaan Keuangan Desa Dalam Perspektif Hak Asasi Manusia: Studi Terhadap Pengelolaan Keuangan Desa Di Desa Sei Baharu, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara,†J. HAM, vol. 8, no. 2, pp. 131–143, 2017.

D. Nofriansyah and S. Defit, Multi Criteria Decision Making (MCDM) Pada Sistem Pendukung Keputusan, 1st ed. Yogyakarta: DEEPUBLISH, 2017.

Diana, Metode & Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Palembang: Grup Penerbitan CV Budi Utama, 2018.

M. Rusli, S. P. Arifin, and A. Trisnadoli, “Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan untuk Penentuan Lokasi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru,†J. Politek. Caltex Riau, vol. 3, no. 1, pp. 11–18, 2017.

M. Sinaga, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Curling Iron Terbaik Dengan Menerap Kan Metode MOORA (Multi Objective Optimization On The Basis Of Rasio Analysis) (Studi Kasus New Beauty Toko),†Pelita Inform. Budi Darma, vol. 16, no. 4, pp. 444–449, 2017.

Suheri, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Pegawai Penerima Insentif Menggunakan Metode Multi Objective Optimization On The Basic Of Ratio Analysis (MOORA),†J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 6, no. 1, pp. 52–56, 2019.

S. Manurung, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Dan Pegawai Terbaik Menggunakan Metode MOORA,†SIMETRIS, vol. 9, no. 1, pp. 701–706, 2018.

A. Musharsyah, S. R. Hayati, M. I. Setiawan, H. Nurdiyanto, and Yuhandri, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Jurnalis Menerapkan Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA),†J. Ris. Komput., vol. 5, no. 1, pp. 19–23, 2018.

L. Mustika, S. D. Andini, D. Juliarmanda, and N. Silalahi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kepala Cabang PDAM Tirtanadi Cabang Padang Bulan Menerapkan Metode MOORA,†J. Ris. Komput., vol. 5, no. 2, pp. 120–123, 2018.

Downloads

Published

2018-04-25

Issue

Section

Articles

URN