SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA PENYAKIT PALPITASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE TEOREMA BAYES

Authors

  • Abdul Aziz STMIK Triguna Dharma
  • Marsono Marsono STMIK Triguna Dharma
  • Erika Fahmi Ginting STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i12.4419

Abstract

Palpitasi adalah kondisi yang muncul ketika jantung terasa berdebar dan berdetak lebih cepat daripada biasanya. Penyakit ini juga dikenal dengan nama takikardi. Dalam kondisi ini, Anda akan merasakan degup jantung yang lebih cepat dan kuat, sehingga seolah terasa ketika sedang berdetak. Terlalu kuat dan cepatnya, detak jantung tidak hanya terasa di bagian dada saja. Area lainnya seperti leher dan tenggorokan juga turut merasakan ketika jantung sedang berdetak. Bukan itu saja, perubahan detak jantung ini juga bisa mengubah irama atau ritme jantung menjadi abnormal selama terjadi palpitasi. Berbagai hal seperti stres, olahraga, konsumsi obat-obatan, kafein, nikotin, alkohol, maupun kondisi medis tertentu bisa memicu terjadinya palpitasi. Kebanyakan kasus jantung berdebar karena palpitasi ini sebenarnya tidak berbahaya, dan bisa sembuh dengan sendirinya tanpa perawatan khusus. jantung berdebar karena palpitasi ini juga dapat mengarah pada kondisi medis yang lebih serius. Tak jarang, beberapa orang mengeluhkan mengalami jantung berdebar selama beberapa kali dalam sekali, yang terasa seperti memiliki serangan jantung. Padahal sebenarnya belum tentu. Jika berkembang menjadi kondisi yang lebih serius, palpitasi bisa menjadi gejala dari gangguan pada organ jantung.Oleh karena itu perlu adanya sistem yang mampu membantu dalam mengetahui penyakit Palpitasi pada seseorang dengan cepat untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan. Hasil akhirnya adalah suatu aplikasi Sistem Pakar dengan metode Teorema Bayes yang dapat digunakan di puskesmas Tanjung Morawa.

Author Biographies

Abdul Aziz, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Marsono Marsono, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Erika Fahmi Ginting, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

K. Aryasa, "Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Agribisnis Menggunakan Metode Certainty Factor," JURNAL SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI, vol. 7, no. 1, pp. 54-67, 2018.

L. Hafni, "SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT SINUSITIS BERBASIS WEB," Jurnal Informatika Kaputama (JIK), vol. 2, no. 1, pp. 9-16, 2018.

T. Kristiana, "SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT SALURAN PENCERNAAN DENGAN METODE FORWARD CHAINING," INFORMATIK Jurnal Ilmu Komputer, vol. 14, no. 2, pp. 65-80, 2018.

D. Bayususetyo, "KLASIFIKASI CALON PENDONOR DARAH MENGGUNAKAN METODE NAÃVE BAYES CLASSIFIER," JURNAL GAUSSIAN, vol. 6, no. 2, 2017.

H. T. Sihotang, "SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT PADA TANAMAN JAGUNG DENGAN METODE BAYES," Journal Of Informatic Pelita Nusantara, vol. 3, no. 1, pp. 17-22, 2018.

O. Nurdiawan, "PENERAPAN DATA MINING PADA PENJUALAN BARANG MENGGUNAKAN METODE METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER UNTUK OPTIMASI STRATEGI PEMASARAN," Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 1, no. 1, 2018.

Y. R. NASUTION, "SISTEM PAKAR DETEKSI AWAL PENYAKIT TUBERKULOSIS DENGAN METODE BAYES," KLOROFIL, vol. 1, no. 1, pp. 17-23, 2017.

A. A. Maulia, "Analisa Metode Certainty Factor dan Teorema Bayes Dalam Mendeteksi Suatu Penyakit," Math Journal, vol. 6, no. 1, pp. 7-10, 2020.

Downloads

Published

2020-12-30

URN