SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSANMENENTUKAN KUALITAS PUPUK ORGANIK TERBAIK PADA TANAMAN MENGGUNAKAN METODE MOORA

Authors

  • Renzi Wiranto Surya Putra STMIK Triguna Dharma
  • Hendryan Winata STMIK Triguna Dharma
  • Suardi Yakub STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i6.4413

Abstract

Pupuk organik adalah pupuk yang sebagian besar atau seluruhnya terdiri atas bahan organik yang berasal dari tanaman dan atau hewan yang telah melalui proses rekayasa, dapat berbentuk padat atau cair yang digunakan mensuplai bahan organik untuk memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah. permasalahan umum yang dihadapi pupuk organik adalah rendahnya kadar unsur hara, kelarutan rendah, waktu relatif lebih lama menghasilkan nutrisi tersedia yang siap diserap oleh tanaman, dan respon tanaman terhadap pemberian pupuk organik tidak sebaik pemberian pupuk anorganik. Sehingga pupuk organik tidak banyak digunakan, karena dianggap tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman. Selain itu pula tidak semua jenis pupuk organik dapat digunakan pada semua tanamanDari permasalahan tersebut dibutuhkan sebuah sistem yang mampu membantu dalam penentuan kualitas pupuk organik sesuai dengan pemberian unsur hara dan nutrisi yang dimiliki. Sistem yang tepat dan dapat dijadikan solusi dari permasalahan tersebut adalah Sistem Pendukung Keputusan. Yang merupakan sebuah sistem yang mampu memberikan kemampuan pemecahan masalah maupun kemampuan pengkomunikasian untuk masalah dengan kondisi semi terstruktur dan tak terstruktur.Hasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode Moora yang dapat membantu pihak \ dalam menentukan pupuk organik terbaik

Author Biographies

Renzi Wiranto Surya Putra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Hendryan Winata, STMIK Triguna Dharma

Teknik Komputer

Suardi Yakub, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

F. G. Dewanto, J. J. M. R. Londok, R. A. V. Tuturoong e W. B. Kaunang, “PENGARUH PEMUPUKAN ANORGANIK DAN ORGANIK TERHADAP PRODUKSI TANAMAN JAGUNG SEBAGAI SUMBER PAKAN,†Zootek"Journal), vol. 32, nº 5, pp. 158-171, 2013.

N. Mashud, R. B. Maliangkay, D. M. Nur Balai, P. Tanaman, P. Jalan e R. Mapanget, “Pengaruh Pemupukan Terhadap Pertumbuhan Vegetatif Tanaman Aren Belum Menghasilkan,†B. Palma, vol. 14, nº 1, 2013.

S. Amini e D. Syamdidi, “KONSENTRASI UNSUR HARA PADA MEDIA DAN PERTUMBUHAN Chlorella vulgaris DENGAN PUPUK ANORGANIK TEKNIS DAN ANALIS CONCENTRATION OF NUTRIENT IN MEDIA AND THE GROWTH OF Chlorella vulgaris USING TECHNICAL AND PRO-ANALIS ANORGANIK FERTILIZER,†Jurnal Perikanan (J. Fish. Sci.) VIII, nº 2, pp. 201-206, 2006.

E. Ningsih, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN PELUANG USAHA MAKANAN YANG TEPAT MENGGUNAKAN WEIGHTED PRODUCT (WP) BERBASIS WEB,†ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 9, nº 3, 2017.

S. Manurung, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN GURU DAN PEGAWAI TERBAIK MENGGUNAKAN METODE MOORA,†Jurnal SIMETRIS, vol. 9, nº 1, 2018.

S. Manurung, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN GURU DAN PEGAWAI TERBAIK MENGGUNAKAN METODE MOORA,†Jurnal SIMETRIS, vol. 9, nº 1, 2018.

Downloads

Published

2022-07-18

Issue

Section

Articles

URN