Implementasi Data Mining K-Means Clustering Dalam Pengelompokkan Data Penyakit Pasien Pada Puskesmas Bestari Petisah

Authors

  • Fahrur Rozy STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Fitri Boy STMIK Triguna Dharma
  • Egi Affandi STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i5.4411

Abstract

Pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) merupakan kesatuan organisasi fungsional yang menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh, terpadu, merata dapat di terima dan terjangkau oleh masyarakat, salah satu puskesmas yang ada di Kota Medan yaitu puskesmas Bestari. Puskesmas Bestari ingin berupaya terus meningkatkan pelayanan dan juga sistem-sistem yang belum mendukung kecerdasan teknologi di era global pada sekarang ini, yang bertujuan untuk memberikan yang terbaik dalam bidang pelayanan kesehatan untuk masyarakat dan juga mempermudah para medis dalam melayani pasien di puskesmas Bestari.Namun pada saat ini pihak puskesmas masih menggunakan pencatatan manual yaitu dengan microsoft excel dan word untuk pengelompokan data penyakit pada pasien, sehingga masih sulit menemukan informasi mengenai pengelompokan penyakit “Akut dan “Tidak Akut†yang banyak di derita oleh pasien pada puskesmas Bestari. Dengan alasan itulah maka diangkat penelitian dengan judul “Implementasi Data Mining K-Means Clustering Dalam Pengelompokan  Data Penyakit Pasien  Pada Puskesmas  Bestari Petisahâ€. Penelitian tersebut bertujuan untuk menciptakan suatu sistem berbasis komputerisasi, kemudian dengan diterapkannya sistem tersebut maka hasil yang didapatkan akan benar-benar akurat dan cepat. Dapat dikatakan bahwa dengan pengujian sistem berdasarkan atribut-atribut yang ada akan memberikan jawaban pasti dalam pengelompokkan data penyakit pasien. Hal ini karena penerapan metode yang di masukkan ke dalam coding program sehingga sistem ini dapat membantu Puskesmas  Bestari Petisah. 

Author Biographies

Fahrur Rozy, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ahmad Fitri Boy, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Egi Affandi, STMIK Triguna Dharma

Sistem informasi

References

R. Gunawan, “Implementasi Data Mining Menggunakan Regresi Linier Berganda dalam Memprediksi Jumlah Nasabah Kredit Macet Pada BPR Tanjung Morawa,†J. SAINTIKOM (Jurnal Sains Manaj. Inform. dan Komputer), vol. 18, no. 1, p. 87, 2019, doi: 10.53513/jis.v18i1.117.

E. D. Sikumbang, “Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori,†J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. Vol 4, No., no. September, pp. 1–4, 2018.

R. Astuti, “Data Mining untuk Klasifikasi dengan Algoritma Cart (Classification and Regression Trees),†Media Inform., vol. 17, no. 3, pp. 114–124, 2018, doi: 10.37595/mediainfo.v17i3.15.

A. Fitri, Y. Syahra, and R. Kustini, “Penerapan Data Mining Dalam Mengklusterisasi Location Best Pb Tambahan Pada Regional IV PT Indomarco Prismatama Cab.Medan Dengan Menggunakan Metode K-Means,†J. SAINTIKOM (Jurnal Sains Manaj. Inform. dan Komputer), vol. 19, no. 2, p. 11, 2020, doi: 10.53513/jis.v19i2.2330.

S. Yakub, “Penerapan Data Mining dalam pengelompokan Bibit Padi Ungggul Berdasarkan Minat Beli Konsumen Pada PT.Sang Hyang Seri Regional IV Deli Serdang dengan Menggunakan Metode Clustering Algoritma K-Means,†J. SAINTIKOM (Jurnal Sains Manaj. Inform. dan Komputer), vol. 17, no. 2, p. 192, 2018, doi: 10.53513/jis.v17i2.43.

Downloads

Published

2020-05-30

Issue

Section

Articles

URN