Implementasi Data Mining Untuk Menganalisis Penjualan Barang Menggunakan Metode Apriori

Authors

  • Fredy Riyanto Sidabutar STMIK Triguna Dharma
  • Mukhlis Ramadhan STMIK Triguna Dharma
  • Afdal Al Hafiz STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i1.4404

Abstract

Supermarket Jaya baru merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang ritel yang mana perusahaan ini setiap harinya harus memenuhi kebutuhan konsumen dan dituntut untuk mengambil keputusan yang tepat dalam menentukan strategi penjualan. Dengan memanfaatkan data transaksi penjualan yang telah tersimpan dalam database, pihak manajemen dapat mengetahui kebiasaan pelanggan atau perilaku pelanggan mengenai apa saja barang yang sering dibeli secara bersamaan dan cara mengetahui barang-barang yang dibeli secara bersamaan, dapat digunakan association rule (aturan asosiasi), yaitu teknik data mining untuk menemukan aturan asosiasi suatu kombinasi item. Proses pencarian asosiasi menggunakan bantuan algoritma apriori untuk menghasilkan pola kombinasi item dan rules sebagai ilmu pengetahuan dan informasi penting dari data transaksi penjualan.

Author Biographies

Fredy Riyanto Sidabutar, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Mukhlis Ramadhan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Afdal Al Hafiz, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

M. Eddy Soegiarto K dan Mardiana, “Perilaku Konsumen dalam Berbelanja Pakaian Wanita di Pasar Pagi Samarinda,†Ekonomia, vol. 5, no. 3, pp. 298–312, 2016.

M. Syahril, K. Erwansyah, and M. Yetri, “Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Pola Penjualan Peralatan Sekolah Pada Brand Wigglo Dengan Menggunakan Algoritma Apriori,†J. Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD, vol. 3, no. 1, pp. 118–136, 2020.

Yuli Mardi, “Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4 . 5 Data mining merupakan bagian dari tahapan proses Knowledge Discovery in Database ( KDD ) . Jurnal Edik Informatika,†J. Edik Inform., vol. 2, 2019.

E. D. Sikumbang, “Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori,†J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. Vol 4, No., no. September, pp. 1–4, 2018.

Nurdin and D. Astika, “Penerapan Data Mining Untuk Menganalisis Penjualan Barang Dengan Pada Supermarket Sejahtera Lhokseumawe,†vol. 6, no. 1, pp. 134–155, 2016, doi: 10.29103/TECHSI.V7I1.184.

D. Listriani, A. H. Setyaningrum, and F. Eka, “PENERAPAN METODE ASOSIASI MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA APLIKASI ANALISA POLA BELANJA KONSUMEN (Studi Kasus Toko Buku Gramedia Bintaro),†J. Tek. Inform., vol. 9, no. 2, pp. 120–127, 2018, doi: 10.15408/jti.v9i2.5602.

Downloads

Published

2020-01-30

URN