SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM SELEKSI PENERIMAAN SANTRI BARU DI RUMAH TAHFIDZ AL-ARIF MENGGUNAKAN METODE VISE KRITERIJUMSKA OPTIMIZACIJA I KOMPROMISNO RESENJE

Authors

  • Refka Santia STMIK Trigua Dharma
  • Darjatsaripurna Saripurna STMIK Triguna Dharma
  • Mhd.Gilangsuryanata suryanata STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i4.4402

Abstract

Pendidikan saat ini sangat berkembang pesat, dengan perkembangan zaman semakin maju di dunia pendidikan telah banyak mengubah pola pikir pendidik. Terutama pendidikan di bidang sekolah formal dan non formal yang berbasis Islam Terpadu (IT). Saat ini perkembangan sekolah formal berbasiskan islam mulai di kembangkan salah satu contoh Rumah Tahfidz Al’Arif merupakan sekolah non formal yang terkhusus menghafal Al-Qur‟an. Selama tiga tahun berjalan pihak Rumah Tahfidz Al „Arif terus melakukan evaluasi terhadap pencapaian hafalan santri, masih terdapat hal-hal yang perlu di benahi dalam proses pendidikan dan manajemen penerimaan santri kedepannya. Melihat permasalahan yang ada tingkat kemampuan menghafal santri di pengaruhi oleh beberapa hal salah satunya tingkat ekonomi ke bawah dan santri yang berasal dari luar kota tingkat penghafalan nya sangat baik dan sesuai target yang di tetapkanDalam penerimaan santri baru, pihak Rumah Tahfidz Al’Arif membutuhkan sebuah analisis yang ditujukan untuk penerimaan santri. Dengan adanya dianalisis dari sistem pendukung keputusan atau biasa yang disebut decision support system yang nantinya dapat membantu pihak Rumah Tahfidz Al’Arif untuk penyeleksian santri baru. Oleh karena itu perlu adanya sistem pendukung keputusan penentuan seleksi penerima santri baru. Sistem tersebut akan dibangun dengan menggunakan metode VIKOR Hasil akhirnya adalah suatu aplikasi Sistem Pendukung Keputusan dengan metode VIKOR yang dapat digunakan untuk untuk menyeleksi santri baru di Rumah Tahfidz Al’Arif. 

Author Biographies

Refka Santia, STMIK Trigua Dharma

Sistem Informasi

Darjatsaripurna Saripurna, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Mhd.Gilangsuryanata suryanata, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Pristiwanto, “Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Simple Additive Weighting Untuk Menentukan Dosen Pembimbing Skripsi,†Inf. dan Teknol. Ilm., vol. 2, no. 1, p. 59, 2014, doi: 10.24176/simet.v1i1.117.

M. Imam, “PENENTUAN DOSEN PEMBIMBING DAN PENGUJI SKRIPSI MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT,†vol. 03, pp. 44–57, 2018.

S. Wulan, B. Nadeak, R. K. Hondro, and F. T. Waruwu, “Implementasi Metode Vikor Dalam Pemilihan Kepala Sekolah Berprestasi Pada Dinas Pendidikan Sumatera Utara,†KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 2, no. 1, 2018, doi: 10.30865/komik.v2i1.963.

A. Alfionita, “SPK Penyeleksian Bantuan Dana Bedah Rumah Tidak Layak Huni Menjadi Layak Huni Bagi Keluarga Kurang Mampu Dengan Menggunakan Metode Vikor (Studi Kasus : Kantor Kepala Desa Sialang Kec. Bangun Purba),†J. Pelita Inform., vol. 8, no. 1, pp. 9–14, 2019.

N. Sutrikanti, H. Situmorang, Fachrurrazi, H. Nurdiyanto, and M. Mesran, “Implementasi Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Calon Peserta Cerdas Cermat Tingkat SMA Menerapkan Metode VIKOR,†JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 5, no. 2407–389X, pp. 109–113, 2018.

J. Nasution and M. Syahrizal, “PUSKESMAS MENGUNAKAN METODE MULTI ATTRIBUTE UTILITY THEORY ( MAUT ) ( STUDI KASUS : PUSKESMAS DESA LAMA SEI LEPAN ),†vol. 3, pp. 176–182, 2019, doi: 10.30865/komik.v3i1.1586.

D. L. Kurniasih, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN LAPTOP DENGAN METODE TOPSIS Diterbitkan Oleh : STMIKBudi DarmaMedan Diterbitkan Oleh : STMIKBudi DarmaMedan,†vol. III, no. April, pp. 6–14, 2016.

T. Informatika, U. K. Malang, T. Informatika, and U. K. Malang, “Kerja Indonesia Dengan Pendekatan Metode,†vol. 3, no. 1, 2018.

Downloads

Published

2019-04-30

Issue

Section

Articles

URN