Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Sepeda Motor Terbaik Pada Pt. Indaco Trading Coy Dengan Metode Mabac (Multi Attribute Border Appioximorion Area Comprasion)

Sylvi Rahma Pratiwi, Dedi Setiawan, Rina Mahyuni

Abstract


Perusahaan PT. Indaco Tranding Coy saat ini memiliki varian dari beberapa jenis motor yang mereka tawarkan kepada konsumen. Namun, dengan berbagai selera masyarakat atau calon pembeli terkadang membuat perusahaan tidak melakukan secara optimal dalam memenuhi permintaan konsumen. Hal ini terjadi, dikarenakan perusahaan saat ini melakukan penyediaan sepeda motor mereka tidak ada menggunakan sebuah sistem dalam proses penentuan persediaan sepeda motor yang sering diminati oleh konsumen.

Maka dari itu, untuk melakukan optimal dalam pelayanan konsumen dan agar konsumen tidak merasakan kekecewaan. Dari permasalahan yang dijabarkan di atas, maka dalam penelitian ini akan memberikan salah satu cabang ilmu pengetahuan sistem pendukung keputusan dengan metode MABAC (Multi Atribute Border Appioximorion Area Comprasion) dalam menentukan sepeda motor terbaik, agar nantinya menjadi rekomendasi kepada konsumen sesuai dengan minat atau keinginan calon konsumen.

Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu PT. Indaco Trading Coy untuk menentukan keputusan pemilihan motor terbaik berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, dengan hasil : Honda beat eSP


Full Text:

PDF

References


L. Marlinda, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN TEMPAT WISATA YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE ELimination Et Choix Traduisan La RealitA (ELECTRE),” Jurnal.Umj.Ac.Id/Index.Php/Semnastek, no. November, pp. 1–7, 2016, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/174107-ID-none.pdf.

N. Ndruru, F. T. Waruwu, and D. P. Utomo, “Penerapan Metode MABAC Untuk Mendukung Pengambilan Keputusan Pemilihan Kepala Cabang Pada PT . Cefa Indonesia Sejahtera Lestari,” vol. 1, no. 1, pp. 36–49, 2020.

W. Yusnaeni and M. Marlina, “MABAC Method Dalam Penentuan Kelayakan Penerima Bantuan SPP,” EVOLUSI J. Sains dan Manaj., vol. 8, no. 1, pp. 46–55, 2020, doi: 10.31294/evolusi.v8i1.7536.

Amrullah, P. S. Siburian, and S. Z. ZA, “Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda,” Kinerja J. Ekon. dan Manaj., vol. 13, no. 2, pp. 99–118, 2016, [Online]. Available: http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/KINERJA/article/view/826.

Poningsih, Sistem Pendukung Keputusan: Penerapan dan 10 Contoh Studi Kasus, Cetakan 1. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.




URN: http://nbn-cybertech.de/urn:nbn:de:10.53513jct.v4i8.43999

DOI: https://doi.org/10.53513/jct.v4i8.4399

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



JURNAL CYBER TECH

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

PUSAT RISET DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

STMIK TRIGUNA DHARMA

Jl. Pintu Air I/Jend. AH Nasution No. 73, Medan Johor
Sumatera Utara - Indonesia.

Phone: 061-8224051
Fax: 0618224051
Email: [email protected]