Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penerimaan Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an Untuk Mahasiswa Di Fakultas Agama Islam Kampus UNIVA Medan Menggunakan Metode Additive Ratio Assesment

Fadilla Lubis, Marsono Marsono, Nur Yanti Lumban Gaol

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu tuntutan untuk banyak orang tanpa terkecuali sebagai bekal dalam pembelajaran yang akan diimplementasikan di kehidupan sehari-hari dengan semangkin banyaknya tempat menuntut ilmu dan juga memiliki kualitas yang tinggi juga sebagai aspek bekal tidak dari itu salah satu universitas yang ada didunia maupun diindonesia sendiri sudah banyak melahirkan sarjana yang berkompeten dibidangnya maupun tidak pada bidangnya terlebih lagi dalam pendidikan keagamaan seperti pada pendidikan agama islami yang menganut banyak literatur yang luas maka dari itu beberapa universitas ada mengajarkan pada fakultas pendidikan dengan jurusan tahfidz al-quran yang ditekankan kepada penghapal al-quran dan juga banyak peminatnya

Dengan begitu dalam mengikuti seleksi untuk penerimaan beasiswa tidak lepas diwajibkan sebagai salah satu mahasiswa di kampus univa medan untuk memprediksikan pada seleksi penerimaan beasiswa yang awalnya masih melakukan tahapan seleksi secara manual dan harus memilah tanpa ada bantuan dari sebuah sistem akan tetapi dengan bantuan sebuah aplikasi untuk mempermudahkan, transparankan, efesiensikan serta memperjelaskan dalam selesksi penerimaan beasiswa yang secara otomatis atau menggunakan aplikasi yang sudah dirancang. Dengan demikian hasil dari sistem yang telah dirancang, maka akan membantu pihak kampus univa medan sendiri dalam menentukan calon penerimaan beasiswa tahfidz al-quran, cepat, dan terciptanya sistem aplikasi yang bersifat transparansi, efesien, dan akurat.

Full Text:

PDF

References


F. Syahputra, M. Mesran, I. Lubis, and A. P. Windarto, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Berprestasi Kota Medan Menerapkan Metode Preferences Selection Index (Studi Kasus : Dinas Pendidikan Kota Medan),” KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 2, no. 1, pp. 147–155, 2018, doi: 10.30865/komik.v2i1.921.

D. Nofriansyah and S. Devit, Multi Criteria Decision Making Pada Sistem Pendukung Keputusan. Cv.budi utama, 2017.

V. Amalia, D. Syamsuar, and L. Atika, “Komparasi Metode Wp Saw Dan Waspas Dalam Penentuan Penerima Beasiswa Pmdk,” J. Bina Komput., vol. 1, no. 2, pp. 122–132, 2019, doi: 10.33557/binakomputer.v1i2.452.

A. Ramadiani, ramadiani ; Rahmah, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tenaga Kesehatan Teladan,” J. Ilm. Teknol. Sist. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 83–88, 2019.

H. Susanto, “Penerapan Metode Additive Ratio Assessment(Aras) Dalam Pendukung Keputusan Pemilihan Susu Gym Terbaik Untuk Menambah Masa Otot,” Maj. Ilm. INTI, vol. 13, pp. 1–5, 2018.




URN: http://nbn-cybertech.de/urn:nbn:de:10.53513jct.v4i8.43832

DOI: https://doi.org/10.53513/jct.v4i8.4383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



JURNAL CYBER TECH

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

PUSAT RISET DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

STMIK TRIGUNA DHARMA

Jl. Pintu Air I/Jend. AH Nasution No. 73, Medan Johor
Sumatera Utara - Indonesia.

Phone: 061-8224051
Fax: 0618224051
Email: [email protected]