Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Kelayakan Pengajuan Kredit Rumah Bersubsidi Dengan Metode SMART (Simple Multi Attribut Rating Tecnique) di Perumahan Jewel Residence

Authors

  • Ricky Martin Tampubolon STMIK Triguna Dharma
  • Marsono Marsono STMIK Triguna Dharma
  • Dudi Rahmadiansyah STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i5.4380

Abstract

Dalam memperoleh rumah subsidi Jewel Residence bekerjasama dengan PT. Bank Danamon Indonesia untuk memberikan kemudahan layanan yang lebih besar dan luas bagi para konsumen untuk dapat memiliki rumah dengan dibukanya layanan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Untuk menentukan konsumen yang layak menerima rumah bersubsidi diperumahan Jewel Residence maka dibutuhkan sebuah sistem agar tersistematis dalam menentukan yang layak menerima rumah bersubsidi. Decision Support System (DSS),merupakan sistem informasi interaktif yang menyediakan informasi, pemodelan, dan pemanipulasian data. Sistem Pendukung Keputusan digunakan untuk membantu pengambilan keputusan dalam situasi yang semiterstruktur dan situasi yang tidak terstruktur, dimana tak seorang pun tahu secara pasti bagaimana keputusan seharusnya dibuat. Perangkat lunak yang dibangun menggunakan metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique), pada konsep perancangan pengambilan keputusan  pada jewel residence data yang digunakan adalah data konsumen yang ingin mengajukan kredit rumah subsidi pada jewel residence.

Author Biographies

Ricky Martin Tampubolon, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Marsono Marsono, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Dudi Rahmadiansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

A. Saleh, “Penerapan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique Exploiting Rank dalam Sistem Pendukung Keputusan Rekrutmen Asisten Laboratorium Komputer,†Masy. Telemat. dan Inf., vol. 8, pp. 1–10, 2018.

N. Sesnika, D. Andreswari, and R. Efendi, “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Gedung Serba Guna Di Kota Bengkulu Dengan Menggunakan Metode Smart Berbasis Android,†J. Rekursif, vol. 4, no. 1, pp. 30–44, 2016.

R. Ramadiani and A. Rahmah, “Sistem pendukung keputusan pemilihan tenaga kesehatan teladan menggunakan metode Multi-Attribute Utility Theory,†Regist. J. Ilm. Teknol. Sist. Inf., vol. 5, no. 1, p. 1, 2019.

D. Novianti, I. F. Astuti, and D. M. Khairina, “Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Web Untuk Pemilihan Café Menggunakan Metode Smart ( Simple Multi-Attribute Rating Technique ) ( Studi Kasus : Kota Samarinda ),†Semin. Sains dan Teknol. FMIPA Unmul, pp. 1–5, 2016.

M. Muslihudin and T. F. Abdillah, “Jurnal TAM.,†J. TAM (Technology Accept. Model., vol. 2, no. 0, pp. 26–32, 2017.

Downloads

Published

2020-05-30

Issue

Section

Articles

URN