Sistem Pendukung Keputusan Untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan D&D Dengan Metode Fuzzy Servqual

Vidya Agustina, Khairi Ibnutama, Ahmad Calam

Abstract


D&D adalah Rumah kue milik Ibu Ratmini, bertempat di Jl.Arteri Ring Road No.1 Medan Sumatera Utara, Rumah kue ini menyediakan berbagai macam kue dan tempat yang sering dikunjungi masyarakat sebagai tempat membeli souvenir kue untuk diberikan sebagai bingkisan atau makanan. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan diperlukan untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan terhadap toko kue D&D.

Maka dari itu, untuk mencari tingkat kepuasan pelayanan terhadap pelanggan di D&D Rumah kue ibu ratmini agar lebih objektif, efektif dan efisien dapat dilakukan dengan sistem pendukung keputusan berbasis Artificial Intelligence, Dalam kasus ini dapat diterapkan metode Fuzzy Servqual untuk mengambil keputusan sehingga dapat meningkatkan kualitas produk dan pelayanan terhadap pelanggan.

Berdasarkan hasil pengujian terhadap sistem untuk mengukur kepuasan konsumen terhadap pelayan yang diberikan toko D&D menggunakan metode Fuzzy Servqual ada 5 kriteria yang sangat kurang pelayanan yang diberikan .

Full Text:

PDF

References


H. Andriani Yuliarti, “ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI HOTEL EMERSIA BANDAR,” vol. 04, no. 01, 2018.

I. S. E. Pangestuti, “Pengaruh Komponen Destinasi Wisata (4A) terhadap Kepuasan Pengunjung Pantai Gemah Tulungagung,” J. Adm. Bisnis, vol. 72, no. 1, pp. 157–167, 2019, [Online]. Available: http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2850.

A. R. Yulianto, “Tinjauan Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan,” Ekonomi, vol. 20, no. 2, pp. 241–258, 2018, [Online]. Available: http://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/1/article/view/448/444.

B. Harto, D. Jurusan, S. Informasi, S. Tinggi, M. Informatika, and D. Komputer, “ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN DENGAN PENDEKATAN FUZZY SERVQUAL DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN (Studi Kasus Di Bengkel Resmi BAJAJ Padang),” J. TEKNOIF, vol. 3, no. Vol.3 No.1, pp. 20–30, 2015.

N. Misbah, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Efek Penurunan Penjualan Menggunakan Metode Fuzzy Associative Memory,” vol. 7, no. 3, pp. 224–228, 2020.




URN: http://nbn-cybertech.de/urn:nbn:de:10.53513jct.v4i8.43793

DOI: https://doi.org/10.53513/jct.v4i8.4379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



JURNAL CYBER TECH

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

PUSAT RISET DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

STMIK TRIGUNA DHARMA

Jl. Pintu Air I/Jend. AH Nasution No. 73, Medan Johor
Sumatera Utara - Indonesia.

Phone: 061-8224051
Fax: 0618224051
Email: [email protected]