Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Vaporista Baru Dengan Metode AHP (Analytic Hierarchy Process) Pada Indovaping Medan

Iqwal Febriadin, Muhammad Zunaidi, Muhammad Syaifuddin

Abstract


Dalam suatu industri pemilihan karyawan baru ialah perihal yang sangat penting, sebab hal itu dapat memastikan kualitas dari industri tersebut di masa depan. Demi efisiensi dan efektifitas kerja maka pengambilan keputusan yang tepat sangat diperlukan. Ketelitian yang tinggi untuk menseleksi pelamar yang telah mendaftar satu per satu. Pemilihan vaporista biasanya berdasarkan pengalaman kerja, selain pengalaman kerja ada beberapa hal yang di perhatikan dalam pemilihan vaporista tersebut antara lain yaitu pengalaman kerja, pengguna vape, rekomendasi, penampilan, dan memahami produk vape. Dari kriteria yang telah dijabarkan di atas sering kali pemilik vapor store mengalami kesulitan dalam pemilihan vaporista baru untuk vapor store-nya. Karena mereka mengalami kesulitan menentukan vaporista baru dengan sejumlah kriteria tersebut. maka dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan yang mempunyai kemampuan analisa pemilihan karyawan baru.

Untuk menyelesaikan permasalahan di atas dibutuhkan sistem pendukung keputusan yang handal, yaitu dengan menggunakan metode Analytical Hierarcy Process (AHP). Dengan adanya sistem pendukung keputusan dapat meningkatkan kualitas keputusan yang akan dibuat. Penentuan vaposrita baru biasanya berdasarkan berbagai macam kriteria tidak hanya melihat dari segi kondisi fisik saja akan tetapi dari berbagai kriteria lain yang sangat berpengaruh dalam proses pemilihan dan lain-lain. Jika alternatif yang dipilih sudah sesuai dengan standar, maka sudah tentu penilaian tersebut menjadi pendukung keputusan yang baik.

Hasil dari penerapan metode Analytical Hierarcy Process (AHP) ini dapat menghasilkan urutan kelayakan alternatif vaporista dengan tepat dan terbaik yang telah dinilai dengan berbagai macam kriteria.


Full Text:

PDF

References


N. P. Rizanti, L. T. Sianturi, and M. Sianturi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Pertukaran Pelajar Menggunakan Metode PSI (Preference Selection Index),” Semin. Nas. Teknol. Komput. dan Sains, pp. 263–269, 2019, [Online]. Available: http://seminar-id.com/prosiding/index.php/sainteks/article/view/165/166.

Sriani and R. A. Putri, “Analisa Sistem Pendukung Keputusan Mengunakan Metode TOPSIS Untuk Sistem Penerimaan Pegawai Pada SMA Al Washliyah Tanjung Morawa,” J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 02, no. April, pp. 40–46, 2018.

A. Amijaya, F. Ferdinandus, and M. Bayu, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Handphone Dengan Metode Simple Additive Weighting Berbasis WEB,” CAHAYAtech, vol. 8, no. 2, p. 102, 2019, doi: 10.47047/ct.v8i2.47.

Nia Komalasari, “Sistem Pendukung Keputusan Kelaikan Terbang (SPK2T),” J. Ind. Elektro dan Penerbangan 4, vol. 4, no. 1, pp. 1–11, [Online].Available: https://scholar.google.com/scholar?oi=bibs&cluster=5 738099365804404&btnI=1&hl=id& =1.

M. Widyasuti, A. Wanto, D. Hartama, and E. Purwanto, “Rekomendasi Penjualan Aksesoris Handphone Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP),” Konf. Nas. Teknol. Inf. dan Komput., vol. 1, no. 1, pp. 27–32, 2017..




URN: http://nbn-cybertech.de/urn:nbn:de:10.53513jct.v4i8.43770

DOI: https://doi.org/10.53513/jct.v4i8.4377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



JURNAL CYBER TECH

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

PUSAT RISET DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

STMIK TRIGUNA DHARMA

Jl. Pintu Air I/Jend. AH Nasution No. 73, Medan Johor
Sumatera Utara - Indonesia.

Phone: 061-8224051
Fax: 0618224051
Email: [email protected]