Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Pada Klinik Naomi Menggunakan Metode WASPAS

Penulis

  • Maharani Damanik STMIK Triguna Dharma
  • Azlan Azlan STMIK Triguna Dharma
  • Elfitriani Elfitriani STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i5.4360

Abstrak

Klinik memiliki peran penting untuk mendukung terwujudnya tujuan pembangunan kesehatan nasional yaitu untuk meningkat kesadaran, kemauan dan memberi semua orang di area kerja kemampuan untuk hidup sehat dan mencapai tingkat kesehatan tertinggi. Salah satu industri kesehatan mulai tumbuh dengan pesat, hal ini dikarenakan masyarakat sudah menyadari betapa berharganya kesehatan bagi hidup, kepuasan pasien merupakan indikator utama berhasil tidaknya pelayanan kesehatan. Kepuasan pasien merupakan suatu derajat persepsi tertentu terhadap kinerja pelayanan kesehatan yang diperoleh pasien setelah membandingkan perasaan dan perasaan. Dimensi kualitas pelayanan yang dapat diterapkan dengan benar merupakan faktor kunci yang mempengaruhi keberhasilan sebuah klinik atau rumah sakit. Dari uraian diatas perlu dibuat sebuah sistem pendukung keputusan dalam menentukan kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan kepada klinik dengan menggunakan metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS). Sistem ini nantinya akan membantu dalam pengambilan keputusan dan menentukan kepuasan pasien dengan mudah, hasil yang akurat, cepat dan tepat.Hasil program ini menunjukkan bahwa sistem yang dibangun berbasis Dekstop. Adapun hasil keputusan berupa perangkingan dari seluruh pasien yang dimasukkan kedalam sistem sehingga pihak Klinik dapat menetukan kepuasan pasien berdasarkan peringkat tertinggi.

Biografi Penulis

Maharani Damanik, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Azlan Azlan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Elfitriani Elfitriani, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

Referensi

Y. I. Gunawan, M. Saragih, and K. G. Bogor, “Pengaruh kualitas pelayanan medis dan inovasi layanan administrasi terhadap kepuasan pasien,†vol. 16, no. 01, pp. 33–42, 2019.

J. Terapi, W. Politeknik, and K. Surakarta, “Mutu pelayanan dan tingkat kepuasaan pasien di klinik terpadu politeknik kesehatan surakarta,†2016.

N. Nurlela, M. Syahrizal, F. Fadlina, and A. Karim, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kepala Desa Terbaik Menerapkan Metodethe Extended Promethee II (EXPROM II),†J. Sist. Komput. dan Inform., vol. 1, no. 3, p. 200, 2020, doi: 10.30865/json.v1i3.2151.

R. Tari and F. Harefa, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Dosen Komputer Terbaik dengan Menerapkan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS),†Ris. Komput., pp. 558–563, 2019.

N. Sesnika, D. Andreswari, and R. Efendi, “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Gedung Serba Guna Di Kota Bengkulu Dengan Menggunakan Metode Smart Berbasis Android,†J. Rekursif, vol. 4, no. 1, pp. 30–44, 2016.

Diterbitkan

2020-05-30

Terbitan

Bagian

Articles

URN