Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Driver Yang Teladan Dengan Metode Waspas Di Pt Mpm Rent

Authors

  • Tiodora Lumban Tobing Stmik Triguna Dharma
  • Beni Andika Stmik Triguna Dharma
  • Deski Helsa Pane Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i8.4352

Abstract

Driver merupakan salah satu aset perusahaan yang juga harus dikelola dengan baik. Driver juga berperan penting di dalam suatu instansi atau perusahaan yang ada khusunya dalam bidang pengantaran barang. Oleh karena itu driver teladan saat ini sudah diperlukan. Fenomena permasalahan sistem pemilihan driver terbaik yang dijumpai saat ini adalah driver merasa tidak puas dengan hasil dari proses pemilihan driver yang diberikan perusahaan saat ini. Pemilihan driver yang dilaksanakan saat ini terkadang mengandung unsur subjektifitas dan dapat dikatakan tidak lagi memberikan gambaran keseluruhan prestasi driver, karena seringkali atasan hanya melakukan pemilihan driver teladan.                Permaslahan tersebut, membutuhkan suatu sistem yang dapat mengambil keputusan dalam driver driver yang teladan dengan menggunakan sistem pendukung keputusan. SPK dirancang untuk membantu pengambilan keputusan dalam memecahkan suatu masalah yang sifatnya semi terstruktur ataupun tidak terstruktur. Cara kerja sistem ini mencakup seluruh tahap metode pengambilan masalah dalam driver driver yang teladan di perusahaan PT MPM RENT. maka sistem pendukung keputusan dapat diselesaikan dengan Metode WASPAS.   Dalam hasil pengujian, proses penilaian kinerja dapat pengambilan keputusan pada masalah proses driver driver yang teladan dan menilai driver juga dapat diselesaikan demgam menggunakan metode WASPAS dengan cepat dan akurat.Kata Kunci: Driver, Sistem Pendukungn Keputusan, Waspas 

Author Biographies

Tiodora Lumban Tobing, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Beni Andika, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Deski Helsa Pane, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

E.Yulianti1, M.Farina, "Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (Bpnt) Untuk Keluarga Miskin Menggunakan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (Smart)," Jurnal TEKNOIF, 2020.

R. Manurung, F. R. Sitanggang, F. T. Waruwu And F. , "Penerapan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assessment Dalam Penentuan Penerima Beasiswa Bidik Misi," Jurnal Riset Komputer (Jurikom), Vols. V, No1, No. 2407-389x, Pp. 79-84, 2018.

K. A. Chandra And S. Hansun, "Sistem Rekomendasi Pemilihan Laptop Dengan Metode Waspas," Jurnal Ecotipe, Vols. Vi, No.2, No. 2622-4852, Pp. 76 - 81, 2019.

T. And D. Kurniawan, "Implementation Of The Weighted Aggregated Sum Product Assesment Method In Determining The Best Rice For Serabi Cake Making," Ijid International Journal On Informatics For Development, Vol. Viii, No. 2549-7448, Pp. 41-46, 2019.

A. Octavia, "Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Mutasi Driver Dengan Menggunakan Metode Oreste (Studi Kasus: Pdam Tirta Deli Kab. Deli Serdang)," Jurnal Majalah Ilmiah Informasi Dan Teknologi Ilmiah (Inti), Vol. Volume 7, Pp. 93-95, 2020.

E., N.Hidayah and E.Fetrina, "Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan Pegawai Dengan Metode Profile Matching," Studia Informatika: Jurnal Sistem Informasi, Vol. Volume X, 2017.

.

Downloads

Published

2019-08-30

URN