Penerapan Data Mining Untuk Mengolah Data Penempatan Buku Di Perpustakaan SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa Menggunakan Algoritma Apriori

Authors

  • Silvianti Silvianti STMIK Triguna Dharma
  • Puji Sari Ramadhan STMIK Triguna Dharma
  • Asyahri Hadi Nasyuha STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i4.4350

Abstract

Pepustakaan meupakan salah satu penyedia sumber ilmu yang berupa buku, novel, dll. Salah satu fasilitas yang digunakan oleh siswa dalam pengembangan ilmu pengetahuan dengan membaca. Penyusunan buku yang dilakukan pada perpustakaan SMK swasta Nur Azizi tanjung Morawa secara acak yang mengakibatkan lamanya calon peminjam buku dalam mencari buku yang akan dipinjam yang mempengaruhi kepuasan calon peminjam terhadap fasilitas perpustakaan. Data Mining Merupakan suatu teknik untuk menggali suatu informasi yang tersembunyi dari suatu kumpulan data. Adapun salah satu metode Data Mining yang digunakan dalam penelitian ini adalah algoritma apriori , dengan memanfaatkan data transaksi peminjaman buku di perpustakaan SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya algoritma apriori ini maka dihasilkan penepatan buku berdasarkan perhitungan yang sudah ditentukan dan telah disempurnakan kedalam sebuah aplikasi. Dari aplikasi ini diharapkan dapat membantu pihak perpustakaan SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa dalam penyusunan buku sesuai dengan tingkat support dan confidence.

Author Biographies

Silvianti Silvianti, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Puji Sari Ramadhan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Asyahri Hadi Nasyuha, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Y. Nawawi, I. Suharjo, and M. Eng, “Implementasi Data Mining Menentukan Rekomendasi Penempatan Buku Berdasarkan Pola Peminjaman Dengan Menggunakan Association Rule Implementation of Data Mining to Determine Book Placement Recommendation Based on Lending Pattern Using Association Rule Tangga,†vol. 4, pp. 28–33, 2020.

F. Parhusip, “Pemanfaatan Data Mining Penempatan Buku ( Study Kasus : SMA NEGERI 1 SIDAMANIK ),†METHOMIKA J. Manaj. Inform. Komputerisasi Akunt., vol. 3, no. 1, pp. 61–65, 2019.

L. S. Nasution, W. R. Maya, and J. Halim, “Data Mining Untuk Menganalisa Pola Pembelian Perak Dengan Menggunakan Algoritma Fp-Growth Pada Toko Emas Dan Perak Adi Saputra Tanjung,†vol. 3, no. 2, pp. 96–107, 2020.

U. B. Luhur, J. C. Raya, P. Utara, and J. Selatan, “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Pola Penjualan Obat 1,2,†vol. 7, no. 2, 2020.

M. A. M. Afdal and M. Rosadi, “Penerapan Association Rule Mining Untuk Analisis Penempatan Tata Letak Buku Di Perpustakaan Menggunakan Algoritma Apriori,†J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 5, no. 1, p. 99, 2019, doi: 10.24014/rmsi.v5i1.7379.

Downloads

Published

2022-07-16

Issue

Section

Articles

URN