Penerapan Data Mining Untuk Mengelompokan Kompetensi SDS ST. Ignatius Medan Dengan Menggunakan Metode K-Means

Authors

  • Lucky Brilian Zega STMIK Triguna Dharma
  • Puji Sari Ramadhan STMIK Triguna Dharma
  • Erika Fahmi Ginting STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i8.4343

Abstract

Tahun demi tahun sekolah SDS ST. IGNATIUS semakin berkembang sehingga data menjadi bayak dan menumpuk sehingga tidak dapat dipelajari lebih lanjut dan data tersebut hanya bisa digunakan sebagai arsip saja. Salah satu data yang perlu diperhatikan mengenai nilai yang diproleh siswa apakah meningkat atau menurun. Untuk menyelesaikan masalah tersebut dapat menggunakan aplikasi data mining, yaitu dengan memanfaatkan data yang ada untuk menggali informasi baru. Salah satu teknik yang ada pada data mining adalah clustering. Clustering dipilih karena dapat mengelompokkan data-data sesuai dengan karakteristik yang diinginkan, dalam penelitian ini berarti mengelompokkan data kompetensi siswa di SDS ST. IGNATIUS. Adapun algoritma clustering yang digunakan adalah K-Means Clustering diintegrasikan pada aplikasi pemrograman berbasis dekstop. Hasil yang diperoleh berupa aplikasi untuk mengelompokkan data kompetensi siswa SDS St. Ignatius Medan menggunakan metode K-Means. Pada aplikasi didapatkan hasil pengelompokkan yang terdiri dari 3 cluster (kelompok). Cluster 1 merupakan cluster terbanyak yang terdiri dari 20 data kompetensi siswa, cluster 2 terdiri dari 15 data kompetensi siswa dan cluster 3  terdiri dari 4 data.

Author Biographies

Lucky Brilian Zega, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Puji Sari Ramadhan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Erika Fahmi Ginting, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

M. Dr. H Moeheriono, “Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat Iii Terhadap Motivasi Kerja, Karier Dan Kompetensi Pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Timur.",†EKUITAS, p. 223, 2016.

A. S. E. S. Siska Haryati, “Implementasi Data Mining Untuk Memprediksi Masa Studi Mahasiswa Menggunakan Algoritma C4.5,†Media Infotama, vol. 11 No 2, p. 131, 2015.

B. S. d. A. R. B. Tahta Alfina, “Analisa Perbandingan Metode Hierarchical,†TEKNIK ITS, vol. 1, 2016.

A. S. Yulia Darmi, “Penerapan Metode Clustering K-Means Dalam Pengelompokkan Penjual Produk,†Media Infotama, vol. 12 No 2, p. 149, 2016.

R. A. d. M. Sahaludin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstektur dan Berorientasi Objek, 2016.

F. A. SYAM, “Implementasi Metode Klastering K-Means Untuk Mengelompokan Hasil Evaluasi Mahasiswa,†Ilmu Komputer dan Bisnis, vol. 8 No 1, p. 1858, 2017.

F. Yunita, "PENERAPAN DATA MINING MENGGUNKAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTRING PADA PENERIMAAN MAHASISWA BARU," SISTEMASI, vol. 7 No 3, p. 240, 2018.

A. F. A. H. S. Fenty Eka M. Agustin, "Implementasi Algoritma K-Means Untuk Menentukan Kelompok Pengayaan Materi Mata Pelajaran Ujian Nasional," pp. 74-75.

Y. D. M. Venny Novita Sari, "PENERAPAN METODE K-MEANS CLUSTERING DALAM MENENTUKAN PREDIKAT KELULUSAN MAHASISWA UNTUK MENGANALISA KUALITAS LULUSAN," JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi), vol. Vol. IV No. 2, p. 133 – 140 , 2018.

S. H. Adetria Halim, "SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN UANG KOMITE MENGGUNAKAN BROLAND DELPHI 7 PADA SMA NEGERI 5 KOTA TERNATE," Indonesian Journal on Information System, p. 30.

Downloads

Published

2021-08-30

URN