E-HEALTHCARE DALAM PENANGANAN PENYAKIT AGLAONEMA WIDURI (RED PEACOCK) DENGAN MENGGUNAKAN THEOREMA BAYES

Elsa Aura Wahab, Muhammad Zunaidi, Trinanda Syahputra

Abstract


Tanaman Aglaonema merupakan salah satu tanaman dekoratif yang cocok untuk hiasan, karena corak dan warna nya yang unik, dan merupakan tanaman yang banyak memiliki ragam jenis daun, warna dan motif. Tanaman ini juga memiliki harga yang bervariasi mulai ratusan ribu hingga puluhan juta. Banyak pemilik tanaman ini yang tidak tahu bagaimana cara menangani hama dan mendeteksi gejala penyakit pada aglaonema. Oleh karena itu dibuatlah suatu sistem untuk mendeteksi gejala penyakit pada tanaman aglaonema widuri dengan mengimplementasikan sistem pakar.Suatu Sistem pakar merupakan sistem yang berbasis komputer yang menggunakan pengetahuan, fakta dan teknik penalaran dalam memecahkan masalah yang biasanya hanya dapat dipecahkan oleh seorang pakar dapat digunakan dalam membantu mendiagnosa hama penyakit tanaman aglaonema ini dibuat dengan tujuan agar dapat menangani gangguan atau kerusakan tanaman akibat serangan hama dan penyakit lainnya. Hasil permasalahan tersebut adalah berupa aplikasi pengimplementasian Sistem Pakar dengan menggunakan Metode Teorema Bayes dimana setiap alternatif yang disediakan akan dilakukan perangkingan untuk memperoleh hasil terbaik, yang nantinya dapat membantu siapapun dalam pemeliharaan tanaman aglaonema widuri dan dapat mengetahui gejala penyakit dan penanganan yang tepat.

Full Text:

PDF

References


R. I. Agustina, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Hama Penyakit Tanaman Aglaonema,” J. Ilmu Komput., vol. 1, no. 1, 2012.

N. Man, E. Wati, and R. F. Yeni, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Leukemia Dengan Metode Backward Chaining,” J. Sains dan Teknol. J. Keilmuan dan Apl. Teknol. Ind., vol. 16, no. 2, p. 148, 2016, doi: 10.36275/stsp.v16i2.44.

A. Fadli, “Sistem Pakar Dasar,” pp. 1–8, 2010.

H. T. SIHOTANG, E. Panggabean, and H. Zebua, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Herpes Zoster Dengan Menggunakan Metode Teorema Bayes,” vol. 3, no. 1, 2019, doi: 10.31227/osf.io/rjqgz.

Dr Purbo Djojokusumo, Aglaonema Spektakuler, Kedua. Jakarta Selatan: PT Agromedia Pustaka, 2006.




URN: http://nbn-cybertech.de/urn:nbn:de:10.53513jct.v4i8.43357

DOI: https://doi.org/10.53513/jct.v4i8.4335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



JURNAL CYBER TECH

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

PUSAT RISET DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

STMIK TRIGUNA DHARMA

Jl. Pintu Air I/Jend. AH Nasution No. 73, Medan Johor
Sumatera Utara - Indonesia.

Phone: 061-8224051
Fax: 0618224051
Email: [email protected]