Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Depresi Pada Remaja Panti Asuhan Cahaya Berkat Abadi Menggunakan Metode Dempster Shafer

Authors

  • Eribka Surabina Tobing STMIK Triguna Dharma
  • Marsono Marsono STMIK Triguna Dharma
  • Elfitriani Elfitriani STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i6.4330

Abstract

Pertumbuhan anak pada panti asuhan bisa dikatakan kurang baik, karena anak remaja tentunya masih membutuhkan kasih sayang dari orang tua dan arahan dari orang tua, akan tetapi dengan kondisi dan keterpaksaan Hal ini harus dijalani. Untuk itu, di lingkungan panti asuhan tentunya harus kondusif untuk tumbuh dan kembang anak, akan tetapi hal yang tidak diinginkan tentunya tidak bisa dihindari sepenuhnya. Adakalanya anak remaja tersebut mengalami depresi. Banyak faktor yang mempengaruhinya antara lain faktor emosional yang tidak terkendali, bullying diantara teman-teman, dan ketidaknyamanan di lingkungannya. hal ini tentunya menjadi permasalahan yang harus diselesaikan. Agar dapat ditangani lebih cepat maka harus dilakukan diagnosa tingkat depresi pada anak remaja. Salah satu metode yang tepat untuk melakukan diagnosa adalah menggunakan Dempster Shafer. 

Author Biographies

Eribka Surabina Tobing, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Marsono Marsono, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Elfitriani Elfitriani, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

References

N. Ningrum, “Hubungan Antara Coping Strategy Dengan Kenakalan Pada Remaja Awal,†J. Psikol. Tabularasa, vol. 7, no. 1, pp. 481–489, 2012.

S. Murni and F. Riandari, “Penerapan Metode Teorema Bayes Pada Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Lambung,†vol. 1, pp. 19–25, 2019.

M. D. Sinaga, N. Sari, and B. Sembiring, “Penerapan Metode Dempster Shafer Untuk Mendiagnosa Penyakit Dari Akibat Bakteri Salmonella,†Cogito Smart, vol. 2, no. 2, pp. 94–107, 2016.

N. I. Kurniati, H. Mubarok, and D. Fauziah, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Hewan Peliharaan Menggunakan Metode Certainty Factor,†J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 1–16, 2018, doi: 10.28932/jutisi.v4i1.708.

A. Kelik, N. Dan, and R. Wardoyo, “Sistem Pakar Menggunakan Teorema Bayes untuk Mendiagnosa Penyakit Kehamilan Expert System using Bayesian Theorem to Diagnose Pregnancy Diseases,†Berk. MIPA, vol. 23, no. 3, pp. 247–254, 2013.

Downloads

Published

2020-06-29

Issue

Section

Articles

URN