Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Professional Housekeeper Pada Departement Housekeeping Divisi Roomboy Di CV. Echo Tirta Hotel (E Hotel) Menggunakan Metode WASPAS (Weighted Aggregated Sum Product Assesment)

Authors

  • Anggi Purwansyah STMIK Triguna Dharma
  • Azlan Azlan STMIK Triguna Dharma
  • Guntur Syahputra STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i2.4327

Abstract

Housekeeping Departement merupakan bagian dari rumah tangga hotel yang bertugas membuat perencanaan, perawatan, dan pemberishan semua kamar tamu, ruang kantor, lobby terrace, koridor, evalator, public space, locers room, dan uniform room. Sistem pendukung keputusan untuk menentukan proffesional housekeeper mempunyai tujuan untuk memenuhi kebutuhan departement dalam meningkatkan profesionalitas housekeeper dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam ruang lingkup kerja sehingga dapat menciptakan pelayanan prima. Echo Tirta Hotel (E-Hotel) merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa pelayanan penginapan professional di kota medan yang mementingkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan dengan selalu mengedepankan profesional pelayanan setiap karyawan. Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS) digunakan untuk pengambilan keputusan multi kriteria yang berfokus pada peringkat dan pemilihan dari sekumpulan alternatif kriteria yang saling bertentangan untuk dapat mengambil keputusan untuk mencapai keputusan akhir. Sehingga dapat memberikan solusi keputusan paling dekat dengan ideal dan alternatif dievaluasi berdasarkan semua kriteria yang ditetapkan.

Author Biographies

Anggi Purwansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Azlan Azlan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Guntur Syahputra, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

References

M. Rizal Kurniansyah, “UPAYA PENINGKATAN SERVICE EXCELLENT SKILL DI BIDANG HOUSEKEEPING PADA MAHASISWA JURUSAN PERHOTELAN DI SEKOLAH TINGGI PARIWISATA MATARAM,†J. Bina Wakya 1, vol. 37, no. c, pp. 234–243, 2018, [Online]. Available: http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=cin20&AN=127964992&site=ehost-live.

M. P. Dian Oktazana, Andi M. Rifiyan Arief, SST., “Koordinasi Kerja Front Office Department Dengan Housekeeping Department di Aston Karimun Hotel,†pp. 1–11, 2017.

S. Aisyah, “Jurnal Teknovasi APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN ANALISIS KELAYAKAN PADA PERUSAHAAN LEASING Siti Aisyah Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknoogi dan Ilmu Komputer Universitas Prima Indonesia Jurnal Teknovasi ISSN : 2540-8389,†vol. 06, pp. 1–16, 2019.

M. Ickhsan, D. Anggraini, R. Haryono, S. H. Sahir, and Rohminatin, “Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kredit Usaha Rakyat Menggunakan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS),†JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 5, no. 2, pp. 9–10, 2018.

S. Barus, V. M. Sitorus, D. Napitupulu, M. Mesran, and S. Supiyandi, “Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Guru Tetap Menerapkan Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS),†J. Media Inform. Budidarma, vol. 2, no. 2, pp. 10–15, 2018, doi: 10.30865/mib.v2i2.594.

Downloads

Published

2019-03-02

URN