Implementasi Data Mining Dalam Menganalisa Pola Penjualan Alat Dan Bahan Bangunan Dengan Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus : SAKHA BANGUNAN )

Ramadani Pasaribu, Widiarti Rista Maya, Tugiono Tugiono

Abstract


Banyaknya data transaksi penjualan alat dan bahan bangunan membuat pihak toko sakha banguanan akan mengalamai kesulitan jika data - data tersebut diolah dan dianalisi secara manual. Selain itu data – data tersebut juga hanya berfungsi sebagai arsip bagi pihak toko sakha bangunan. Untuk itu pengolahan data – data transaksi penjualan alat dan bahan bangunan pada toko sakha bangunan diperlukan. Sebagai contoh, menganalisis data – data transaksi untuk mendapatkan pola penjualan.

Melihat permasalahan tersebut maka diperlukan menganalisa pola penjualan alat dan bahan bangunan pada toko sakha bangunan,dengan sebuah sistem yaitu data mining menggunakan metode apriori. Maka dari itu dirancanglah sebuah sistem berbasis desktop programming dengan menerapkan metode apriori dimana dapat penentuan pola kombinasi setiap item atau alat dan bahan bangunan sakha bangunan

Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi yang dapat melakukan Analisa pola penjualan alat dan bahan bangunan secara sistematis, sehingga dapat disusun staretegi penjualan dan promosi alat dan bahan bangunan pada toko sakha bangunan secara cepat dan tepat..


Full Text:

PDF

References


Y. Mardi, “Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4.5,” J. Edik Inform., vol. 2, no. 2, pp. 213–219, 2017.

H. Santoso, I. P. Hariyadi, and Prayitno, “Data Mining Analisa Pola Pembelian Produk,” Tek. Inform., no. 1, pp. 19–24, 2016.

D. Lingga, “Penerapan Algoritma Apriori Dalam Memprediksi Persediaan Buku Pada Perpustakaan Sma Dwi Tunggal Tanjung Morawa,” Maj. Ilm. Inf. dan Teknol. Ilm., vol. XI, no. 1, pp. 18–22, 2016.

Febrianti dan Suryadi, “Penerapan Data Mining Dengan Algoritma Apriori,” J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. 9986, no. September, pp. 1–4, 2018.

M. Syahril, K. Erwansyah, and M. Yetri, “Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Pola Penjualan Peralatan Sekolah Pada Brand Wigglo Dengan Menggunakan Algoritma Apriori,” J. Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD, vol. 3, no. 1, pp. 118–136, 2020.




URN: http://nbn-cybertech.de/urn:nbn:de:10.53513jct.v4i8.43258

DOI: https://doi.org/10.53513/jct.v4i8.4325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



JURNAL CYBER TECH

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

PUSAT RISET DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

STMIK TRIGUNA DHARMA

Jl. Pintu Air I/Jend. AH Nasution No. 73, Medan Johor
Sumatera Utara - Indonesia.

Phone: 061-8224051
Fax: 0618224051
Email: [email protected]