Implementasi Data Mining Untuk Prediksi Keuntungan Penjualan Kopi Dengan Menggunakan Metode REGRESI LINIER BERGANDA (Studi Kasus: JJ COFFE)
DOI:
https://doi.org/10.53513/jct.v4i8.4324Abstract
JJ Coffe merupakan distributor tempat penjualan dan pembelian kopiSetiap hari berbagai macam transaksi baik itu pembelian, penjualan dan persediaan atau stok dilakukan di distributor JJ Coffee. kendala bagi Pemilik Toko karena masih melakukan pengelolan keuntungan atau pendapatan masih secara manual. Sehingga jika dibiarkan pihak distributor JJ Coffee kesulitan untuk memprediksi keuntungan di peridoe selanjutnya. Melihat permasalahan tersebut maka diperlukan proses Memprediksi keuntungan penjualan kopi, dengan sebuah aplikasi data mining menggunakan algoritma Regresi Linier Berganda pada distributor JJ Coffe. Maka dari itu dirancanglah sebuah sistem aplikasi berbasis dekstop dengan menerapkan metode Regresi Linier Berganda untuk meprediksi jumlah keuntungan penjualan kopi pada distributor JJ Coffe. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi yang dapat memprediksi keuntungan penjualan kopi secara sistematis, distributor JJ Coffe dapat mengoptimalkan keuntungan penjualan kopi dengan metode Regresi linier berganda...References
Y. L. Nainel, E. Buulolo, and I. Lubis, “Penerapan Data Mining Untuk Estimasi Penjualan Obat Berdasarkan Pengaruh Brand Image Dengan Algoritma Expectation Maximization (Studi Kasus: PT. Pyridam Farma Tbk),†JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 7, no. 2, p. 214, 2020.
Y. Mardi, “Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4.5,†J. Edik Inform., vol. 2, no. 2, pp. 213–219, 2017.
P. P. W. Suyitno and Herlawati, “Metode Regresi Linier Berganda Kualitas Super Member Supermall Terhadap Peningkatan Jumlah Pengunjung Pada Supermall Karawang,†Bina Insa. Ict J., vol. 2, no. 2, pp. 101–116, 2015.
K. Budiharjono and W. M. Fahmi, “Strategi peningkatan produksi kopi robusta (coffea l.)Di desa pentingsari,kecamatan cangkringan, kabupaten sleman, daerah istimewa yogyakarta,†J. Ilm. Mhs. Agroinfo Galuh, vol. 7, no. 2, p. 373, 2020.
U. Ahmad, M. Sri, and E. D. Erlin, “Makna Keuntungan Bagi Pedagang Kaki Lima (Studi pada Pedagang Kaki Lima di Bangsri Jepara),†J. Akunt. dan Investasi, vol. 14, no. 1, pp. 65–77, 2015.