Implementasi Sensor GYMAX4466 Pada Sistem Monitoring Kebisingan Menggunakan Internet of Things (IOT) Berbasis Nodemcu

Yuwono Suardho, Ishak Ishak, Suardi Yakub

Abstract


Berdasarkan pada keputusan Menteri Lingkungan Hidup tahun 1996, bahwa standar kebisingan lingkungan perpustakaan berkisar 45–55 dB. Ruangan perpustakaan dikategorikan normal apabila intensitas suara berkisar pada range 45–55 dB. Namun, pada kenyataannya sering terjadi kegaduhan yang ditimbulkan oleh pengunjung yang melebihi dari nilai ambang batas yang telah ditentukan. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu kenyamanan karena dengan kenyamanan konsentrasi pikiran akan senantiasa terjaga, sehingga membuat aktivitas membaca kurang berjalan maksimal. Oleh karena itu tentu dibutuhkan sebuah sistem yang dapat mengukur atau memonitoring tingkat kebisingan suara pada perpustakan. Sehingga pengelola dapat mengontrol tingkat kebisingan di perpustakaan dengan memberitahukan apabila terdeteksi kebisingan yang terlalu tinggi di ruangan perpustkaaan. Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan teknologi, maka proses monitoring kebisingan pada perpustakaan dapat diterpakan dengan menggunakan teknologi mikrokontroler yang dapat membantu bekerjanya sistem dengan baik. Pemanfaatan sensor GYMAX4466 pada sistem dapat mengukur tingkat kebisingan suara dan mengimplentaiskan konsep ineternet of things (IOT) unntuk memberikan notifikasi tingkat kebisingan kepada pengelola perpustakaan menggunakan aplikasi dengan memanfaatkan media komunikasi internet


Full Text:

PDF

References


Theodorus S Kalengkongan, Dringhuzen J. Mamahit, Sherwin R.U.A Sompie. Rancang Bangun Alat Deteksi Kebisingan Berbasis Arduino Uno. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer Vol. 7 No. 2 (2018).

Theodorus S Kalengkongan, Dringhuzen J. Mamahit, Sherwin R.U.A Sompie. Rancang Bangun Alat Deteksi Kebisingan Berbasis Arduino Uno. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer Vol. 7 No. 2 (2018).

Arif Dwi Hidayat, Bambang Sudibya, Catur Budi Waluyo. Pendeteksi Tingkat Kebisingan berbasis Internet of Things sebagai Media Kontrol Kenyamanan Ruangan Perpustakaan, Jurnal Departemen Teknik Elektro, Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto, Yogyakarta Manuscript submitted 12 August 2019.

Rindy Astike Dewanty dan Sudarmaji. ANALISIS DAMPAK INTENSITAS KEBISINGAN TERHADAP GANGGUAN PENDENGARAN PETUGAS LAUNDRY. Jurnal Kesehatan Lingkungan Vol. 8, No. 2 Juli 2015.

Septina Severina Lumbantobing Dkk. Tingkat Kebisingan Suara di Lingkungan MTS Negeri 34 Jakarta terhadap Kualitas Proses Belajar Mengajar. Jurnal EduMatSains, Juli 2019|Vol.4|No.1.




URN: http://nbn-cybertech.de/urn:nbn:de:10.53513jct.v4i8.43237

DOI: https://doi.org/10.53513/jct.v4i8.4323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



JURNAL CYBER TECH

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

PUSAT RISET DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

STMIK TRIGUNA DHARMA

Jl. Pintu Air I/Jend. AH Nasution No. 73, Medan Johor
Sumatera Utara - Indonesia.

Phone: 061-8224051
Fax: 0618224051
Email: [email protected]