Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Akromegali Dengan Menggunakan Metode DEMPSTER SHAFER

Authors

  • Dea Aprita STMIK Triguna Dharma
  • Jaka Prayudha STMIK Triguna Dharma
  • Ardianto Pranata STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i8.4322

Abstract

Akromegali terjadi ketika tubuh memproduksi hormon pertumbuahan yang sangat berlebih. Penyakit ini disebabkan oleh adenoma kelenjar hipofisis, suatu bentuk tumor jinak yang baru terjadi setelah usia dewasa.banyaknya masyarakat umum yang belum mengetahui tentang penyakit Akromegali. Hal ini akan mengakibatkan terhambatnya penanganan atau pencegahan dini terhadap sesorang yang mengalami penyakit Akromegali.Melihat permasalahan tersebut maka diperlukan diagnosa penyakit Akromegali, dengan sebuah sistem yaitu sistem pakar menggunakan metode Dempster Shafer. Maka dari itu dirancanglah sebuah sistem aplikasi berbasis Web dengan menerapkan metode Dempster Shafer dimana nilai kesimpulan akhir dijadikan informasi untuk untuk jenis penyakit Akromegali berdasarkan gejala – gejla yang telah dialami . Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi yang dapat melakukan mendiagnosa penyakit Akromegali secara sistematis, sehingga dapat dilakukan penanganan ataupun pencegahan yang cepat dan tepat sesuai dengan hasil dari diagnosanya.                                              

Author Biographies

Dea Aprita, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Jaka Prayudha, STMIK Triguna Dharma

1.Komputer Vision2.Jaringan Syaraf Tiruan3.Algoritma Pemrograman4.Aplikasi Robotika5.Sistem Operasi6.Pengolahan Citra

Ardianto Pranata, STMIK Triguna Dharma

1.Komputer Teknik2.Programable Logic Controller (PLC)3.Perakitan dan Perawatan Komputer4.Desain Grafis5.Pengolahan Signal Digital

References

H. Hamzah, M. Farris, Y. Prim Avidar, and N. Margareta Rehatta, “Manajemen Anestesi pada Pasien dengan Akromegali yang Menjalani Prosedur Reseksi Tumor Adenohipofise melalui Pendekatan Sublabial Transphenoidal,†J. Neuroanestesi Indones., vol. 7, no. 3, pp. 175–84, 2018.

N. Jarti and R. Trisno, “Jurnal Edik Informatika sistem pakar diagnosa penyakit alergi pada anak berbasis web dengan metode forward chaining Jurnal Edik Informatika,†Jurnall Edik Inform., vol. 2, pp. 197–205, 2017.

M. Silmi, E. A. Sarwoko, and F. Chaining, “Sistem pakar berbasis web dan mobile untuk mendiagnosa penyakit darah pada manusia dengan menggunakan metode interfensi forward chaining,†vol. 4, pp. 31–38, 2015.

Sumarni Adi and Ike Verawati, “Penerapan Algoritma Dempster Shafer berbasis Android Pada Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Kerusakan Motor Matic,†vol. 22, no. 1, pp. 118–124, 2018..

Y. K. K. Putri and S. Harahap, “Krisis Tiroid Pascakraniotomi Mikro pada Makroadenoma Hipofise disertai Akromegali Thyroid Crisis Post Microcraniotomy of Macroadenoma Pituitary Accompanied Acromegaly,†vol. 5, no. 3, pp. 189–196, 2016.

Downloads

Published

2021-08-30

URN