Sistem Pakar Dalam Mendeteksi Kerusakan Mesin Laundry Ipso Dengan Menggunakan Metode Dempster Shafer

Ade Fitriani, Mukhlis Ramadhan, Ahmad Fitri Boy

Abstract


 Pengusaha laundry melakukan kegiata usah dalam mencuci pakaian, spray dan berhubungan perlengkapan yang dibisa dicuci mesin cuci setiap hari. Bahkan mencuci bisa dilakukan setiap hari, karena Perusahaan Laundry melakukan operasional setiap waktu. Demi meringankan pekerjaan mencuci pakaian yang melelahkan, dan membantu lingkungn kerja ibu rumah tangga. Pihak Perusahaan Laundry memiliki masalah dalam kerusakan mesin cuci, yang mengakibatkan pemanas dari mesin cuci tidak befungsi ataupun pemutaran cuci tidak befungsi. Akibat kerusakan terjadi pada mesin cuci, pihak Perusahaan Laundry memanggil teknisi khusus mesin cuci dan membutuhkan lama untuk mendatangkan teknisi mesin cuci.

                Permaslahan tersebut, maka dibutuhkan suatu sistem yang dapat mendapat mendeteksi kerusakan dan sistem yang dapat mendeteksi kerusakan adalah sistem pakar dan sistem yang dapat menggantikan peran pakar tersebut, maka sistem yang dibangun dengan menggunakan metode Dempster shafer. dempster-shafer merupakan metode penalaran non monotonis yang digunakan untuk mencari ketidakkonsistenan akibat adanya penambahan maupun pengurangan fakta baru yang akan merubah aturan yang ada, sehingga metode dempster-shafer dapat mengetahui probabilitas atau persentase dari kerusakan yang dialami mesin.

                Dalam hasil pengujian, sistem dapat mendeteksi kerusakan mendeteksi kerusakan mesin laundry IPSO lebih akurat dan efisien yang menguntung pihak usaha laundry.

 

 

Kata Kunci: Dempster Shafer, IPSO,  Laundry, Pakar, Sistem Pakar

Full Text:

PDF

References


Verry, "Perhitungan Rekonsiliasi Pajak Penghasilan Terutang Berdasarkan Peraturan Perpajakan Dan Psak No 46 Pada Pt Cipta Elektrik Kreasindo Medan," Jurnal Ilmiah Smart, Vol. II, No. 2549-5836, Pp. 60-72, 2018.

E. Lestari And E. U. Artha, "Sistem Pakar Dengan Metode Dempster Shafer Untuk Diagnosis Gangguan Layanan Indihome Di Pt Telkom Magelang," Khazanah Informatika, Vol. III, No. 2477-698X, Pp. 16-24, 2017.

D. Purnomo, B. Irawan And Y. Brianorman, "Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Kucing Menggunakan Metode Dempster-Shafer Berbasis Android," Jurnal Coding Sistem Komputer Untan, Vol. V, No. 2338-493X, Pp. 45-55, 2017.

L. Putri, "Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Penyakit Roseola Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor," Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), Vol. I, No. 2, 2020.

P. Ramadhan, "Penerapan Euclidean Probability Dalam Pendeteksian Penyakit Impetigo," CESS (Journal of Computer Engineering System and Science), Vol. IV, No. 1, 2019.

D. Aldo, S. Putra, “Sistem Pakar Diagnosis Hama dan Penyakit Bawang Merah Menggunakan Metode Dempster Shafer”, Vol. IV. No.1, 2019.

S. , R. Nurmalina, " Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut)," Jurnal Intra-Tech, vol. I, no. 2, pp. 18-27, 2017.

M. Prihandoyo " Unified Modeling Language (UML) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web," Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT) , vol. III, no. 1, 2018.

S. "Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan)," ALGORITMA: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, vol. III, no. 1, pp. 1-9, 2018.




URN: http://nbn-cybertech.de/urn:nbn:de:10.53513jct.v4i8.43214

DOI: https://doi.org/10.53513/jct.v4i8.4321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



JURNAL CYBER TECH

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

PUSAT RISET DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

STMIK TRIGUNA DHARMA

Jl. Pintu Air I/Jend. AH Nasution No. 73, Medan Johor
Sumatera Utara - Indonesia.

Phone: 061-8224051
Fax: 0618224051
Email: [email protected]