Perancangan Aplikasi Keamanan Data Gaji Karyawan Pada Prima Printing Dengan Menggunakan Metode Kriptografi RSA (Rivest, Shamir, Adleman)

Authors

  • Lidya Novita Sari Dalimunthe STMIK Triguna Dharma
  • Widiarti Rista Maya STMIK Triguna Dharma
  • Hafizah Hafizah STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i1.4306

Abstract

Keamanan informasi atau data menjadi suatu hal yang sangat penting dalam pertukaran data, namun banyak juga ancaman pada proses pertukaran data dilakukan, terutaman dokumen maupun data yang diasumsikan bersifat rahasia (private and confidential). Toko Prima Printing sering terjadi masalah pada data gaji karyawan dalam pengubahan dan penyalahgunaan data gaji yang menyebabkan kerugian beberapa pihak yang bersangkutan. Oleh karena itu, masalah keamanan data  merupakan suatu aspek yang penting dari suatu sistem, untuk itu perlu diterapkan suatu metode pengamanan data.Pengamanan pada data dilakukan untuk menjaga kerahasiaan informasi dan agar aman dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab, maka dilakukanlah pengamanan data dengan menggunakan algortima kriptografi. Dalam kriptografi terdapat beberapa algoritma yang dapat digunakan, diantaranya RSA. RSA merupakan algoritma asimetris. RSA mempunyai dua kunci, yaitu kunci publik dan kunci pribadi. Kunci publik boleh diketahui oleh siapa saja, dan digunakan untuk proses enkripsi. Sedangkan kunci pribadi hanya pihak-pihak tertentu saja yang boleh mengetahuinya, dan digunakan untuk proses dekripsi.Dengan demikian hasil dari sistem yang telah dirancang, maka akan membantu pihak Prima Printing dalam menentukan keamanan data gaji karyawan yang lebih tepat, baik, dan akurat.

Author Biographies

Lidya Novita Sari Dalimunthe, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Widiarti Rista Maya, STMIK Triguna Dharma

Teknik Komputer

Hafizah Hafizah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Jaka Prayudha, Saniman, Ishak, “Implementasi Keamanan Data Gaji Karyawan Pada PT. Capella Medan Menggunakan Metode Advanced Encryption Standard (AES),†Vol.18, No.2, Agustus 2019.

Kori Carda Puspita, “Implementasi KriptografI Dengan Metode RSA Menggunakan Java,†2016.

Ivan Wibowo, Budi Susanto, Junius Karel T, “Penerapan Algoritma Kriptografi Asimetris RSA Untuk Keamanan Data Di Oracle,†J. Inform. 2008.

Zainal Arifin, “Studi Kasus Penggunaan Algoritma RSA Sebagai Algoritma Kriptografi yang Aman,†Vol 4 No. 3 September 2009.

Muhammadiyah Pacitan Reny Utami, Informasi, S., Pada, P., Menengah, S., Pacitan, M., & Utami, R. (2014). “Sistem Informasi Penggajian Pada Sekolah Menengah Atas ( SMA )†6(3), 32–35.

[

Downloads

Published

2019-01-30

URN