Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Tower BTS (Base Transceiver Station) Pada PT. Trinity Teknologi Nusantara Menggunakan Metode MOORA

Authors

  • Tasya Utami Kusuma STMIK Triguna Dharma
  • Rico Imanta Ginting STMIK Triguna Dharma
  • Dudi Rahmadiansyah STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i5.4293

Abstract

Base Transceiver Station (BTS) adalah perangkat dalam suatu jaringan telekomunikasi seluler yang berbentuk sebuah tower dengan ketinggian tertentu lengkap dengan antena pemancar dan penerima serta perangkat telekomunikasi di dalam suatu shelter. Penentuan lokasi BTS dibeberapa wilayah sampai saat ini menjadi permasalahan bagi suatu operator seluler ataupun perusahaan yang bergerak dibidang Internet, termasuk di PT. Trinity Teknologi Nusantara. Permasalahan tersebut yaitu pada saat menentukan lokasi tower BTS memakan waktu yang cukup lama.       Untuk dapat menyelesaikan permasalahan tersebut maka salah satu cara yang dapat diusulkan adalah mengggunakan sistem pendukung keputusan dengan metode MOORA. Metode MOORA adalah metode yang memiliki perhitungan dengan kalkulasi yang minimum dan sangat sederhana. Metode ini memiliki tingkat selektifitas yang baik dalam menentukan suatu alternatif.       Hasil penelitian ini diterapkannya sistem pendukung keputusan yang mengadopsi metode MOORA ini dapat memberikan solusi bagi perusahaan dalam menentukan lokasi tower BTS sehingga pada saat penentuan lokasinya tidak lagi memakan waktu yang lama, begitu juga pembangunannya dapat berjalan dengan baik dan juga layanan terhadap masyarakat dapat tersalurkan dengan maksimal.

Author Biographies

Tasya Utami Kusuma, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Rico Imanta Ginting, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Dudi Rahmadiansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Y.Yunefri, "Sistem Pakar Troubleshooting Base Transceiver Station untuk Efisiensi Kinerja Teknisi (Studi Kasus: PT. KMS TELECOM PEKANBARU)," Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Digital Zone, vol.6, no.1, Mei 2015, pp.53-63.

I.Lindra, Maharoni, and N.Ismail, "Analisis Perencanaan Pembangunan Bts (Base Transceiver Station) Berdasarkan Faktor Kelengkungan Bumi Dan Daerah Fresnel Di Regional Project Sumatera Bagian Selatan," vol.IX, no.1, Juni 2015, pp.104-121.

K.Dewi Martha Erli Handayeni and R.Etika Amalin, "Kriteria Lokasi Pembangunan Tower BTS (Base Transceiver System) di Kota Kediri," JURNAL TEKNIK ITS, vol.6, no.1, 2017, pp.67-70.

A.Sidik, D. Alfianie Ulhaq, and M.Iqbal Dzulhaq, "Sistem Pendukung Keputusan Untuk Membandingkan Marketplace Terbaik Dengan Menggunakan Metode AHP Dan AHP," AJCSR [Academic Journal of Computer Science Research], vol.1, no.1, July 2019, pp.13-22.

A.Revi, I.Parlina, and S.Wardani, "Analisis Perhitungan Metode Moora Dalam Pemilihan Supplier Bahan Bangunan Di Toko Megah Gracindo Jaya".

S.Manurung, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Dan Pegawai Terbaik Menggunakan Metode Moora," Jurnal SIMETRIS, vol.9, no.1, April 2018, pp. 701-706.

Downloads

Published

2020-05-30

Issue

Section

Articles

URN