Implementasi Data Mining Untuk Menganalisa Pola Pnjualan Produk Kecantikan Pada Klinik LV Tanjung Morawa Menggunakan Algoritma FP GROWTH

Authors

  • Ayu Pratiwi STMIK Triguna Dharma
  • Jaka Prayudha STMIK Triguna Dharma
  • Tugiono Tugiono STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i7.4290

Abstract

Banyaknya data transaksi penjualan produk kecantikan membuat pihak klinik LV tanjung morawa akan mengalamai kesulitan jika data - data tersebut diolah dan dianalisi secara manual. Selain itu data – data tersebut juga hanya berfungsi sebagai arsip bagi pihak klinik LV Tanjung Morawa. Perlu adanya Strategi transaksi dan analisis kebutuhan untuk dilakukan di klinik LV tanjung morawa. Sebagai contoh, kegiatan menganalisis data transaksi untuk mendapatkan pola penjualan.Melihat permasalahan tersebut maka diperlukan menganalisa pola penjualan produk kecantikan pada klinik LV tanjung morawa, dengan sebuah sistem yaitu data mining menggunakan metode FP Growth. Maka dari itu dirancanglah sebuah sistem berbasis desktop application dengan menerapkan metode FP Growth dimana dapat penentuan pola kombinasi setiap item atau produk – produk kecantikan pada klinik LV Tanjung Morawa. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi yang dapat melakukan Analisa pola penjualan produk kecantikan secara sistematis, sehingga dapat disusun staretegi penjualan dan stok produk – produk kecantikan pada klinik LV Tanjung Morawa secara cepat dan tepat..

Author Biographies

Ayu Pratiwi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Jaka Prayudha, STMIK Triguna Dharma

1.Komputer Vision2.Jaringan Syaraf Tiruan3.Algoritma Pemrograman4.Aplikasi Robotika5.Sistem Operasi6.Pengolahan Citra

Tugiono Tugiono, STMIK Triguna Dharma

1.pemrogramman visual2.sistem pendukung keputusan 3.sistem manajamen basis data 

References

Y. Mardi, “Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4.5,†J. Edik Inform., vol. 2, no. 2, pp. 213–219, 2017.

F. A. Hermawati, “Data Mining Data mining,†Min. Massive Datasets, vol. 2, no. January 2013, pp. 5–20,.

Y. D. Lestari, “Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma Fp-Tree Dan Fp-Growth Pada Data Transaksi Penjualan Obat,†no. Snastikom, pp. 60–65, 2017.

F. Fitriyani, “Implementasi Algoritma Fp-Growth Menggunakan Association Rule Pada Market Basket Analysis,†J. Inform., vol. 2, no. 1, 2016.

Riyono and Gigih Erlik Budiharja, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua,†J. Stie Semarang, vol. 8, no. 2, pp. 92–121, 2016..

Downloads

Published

2021-07-30

Issue

Section

Articles

URN