Penerapan Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Glaukoma Pada Hamster (Cricitinae) Dengan Menggunakan Metode Teorema Bayes

Authors

  • Benny Apriansah Sinaga STMIK Triguna Dharma
  • Nurcahyo Budi Nugroho STMIK Triguna Dharma
  • Rina Mahyuni STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i7.4288

Abstract

Hamster merupakan hewan yang berasal dari Ordo Rodentia. Yang artinya hewan ini tergolong hewan pengerat seperti tikus, marmut dan kelinci. Hamster tergolong nocturnal, yaitu hewan yang aktif di malam hari. Sifat alami tersebut seperti halnya sifat tikus. Meskipun begitu, hamster bukanlah tikus. Hamster juga merupakan hewan menggemaskan, cerdas dan lucu. Kelucuan serta kecerdesan menjadi salah satu alasan hamster banyak dipelihara dan diminati oleh masyarakat. Hamster juga diperdagangkan di pasar, harganya yang relatif murah membuat hewan ini sangat diminati. Dibalik tingkah lucu hamster tersebut terdapat suatu permasalahan penyakit, salah satunya adalah penyakit glaukoma atau kerusakan mata.Dari permasalahan tentang mendiagnosa penyakit glaukoma pada hamster, ada suatu bidang ilmu yang dapat menangani permasalahan tersebut yaitu sistem pakar dengan menggunakan metode Teorema bayes. Sistem pakar merupakan sistem yang mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar dapat membantu menyelesaikan masalah yang biasanya dilakukan oleh seorang pakar. Dari penelitian ini menghasilkan aplikasi sistem yang dapat membantu meringankan pekerjaan dalam menyelesaikan masalah penyakit glaukoma pada hamster. Dengan konsep sistem pakar yang merupakan sebuah program yang mampu menganalisis permasalahan dan menghasilkkan kesimpulan dengan adanya proses pemindahan pengetahuan ahli ke dalam sistem.

Author Biographies

Benny Apriansah Sinaga, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Nurcahyo Budi Nugroho, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Rina Mahyuni, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

References

J. J. Heckman, R. Pinto, and P. A. Savelyev, “済無No Title No Title No Title,†Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., vol. II, pp. 113–122, 1967.

E. Nggaba, S. K. Widyastuti, and I. G. Soma, “Laporan Kasus: Glaukoma pada Mata Kiri Anjing Cihuahua,†Indones. Med. Veterinus, vol. 9, no. 3, pp. 370–382, 2020, doi: 10.19087/imv.2020.9.3.370.

I. Russari, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Batu Ginjal Menggunakan Teorema Bayes,†J. Ris. Komput., vol. 3, pp. 18–22, 2016.

Y. Sugiyanto, M. Muslihudin, and F. Satria, “SISTEM PAKAR DIAGNOSIS KUALITAS BIBIT KAMBING PE ( PERANAKAN ETTAWAH ) MENGGUNAKAN IMAGE PROSSESING BERBASIS WEBSITE,†no. 2014, 2018.

A. Jh and F. Purba, “Perbandingan Metode Bayes Dan Certenty Factor Pada Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Varisela Pada Anak-Anak,†vol. 1, no. 1, pp. 20–25, 2020.

P. Studi Sistem Informasi and S. Triguna Dharma, “SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT ANEMIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TEOREMA BAYES * Trinanda Syahputra #1 , Muhammad Dahria #2 , Prilla Desila Putri #3,†Saintikom, vol. 16, no. 3, pp. 284–294, 2017.

H. Listiyono, “Merancang dan Membuat Sistem Pakar,†vol. XIII, no. 2, pp. 115–124, 2008.

Downloads

Published

2021-07-30

Issue

Section

Articles

URN