Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Penempatan Promotor HP Menggunakan Metode ARAS

Authors

  • M. Iqbal Imannda STMIK Triguna Dharma
  • Kamil Erwansyah STMIK Triguna Dharma
  • Zaimah Panjaitan STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i7.4271

Abstract

Cahaya Ponsel merupakan salah satu toko ponsel yang menjual berbagai produk handphone. Distribusi Cahaya ponsel meliputi seluruh wilayah Indonesia, karena jumlah permintaan dari konsumen yang terlalu banyak yang mengakibatkan Cahaya ponsel kesusahan mengatasi permintaan yang begitu banyak, maka toko Cahaya ponsel membutuhkan promotor untuk membantu dalam mengatasi permintaan konsumen. Promotor biasanya dipilih dari calon promotor baru dengan penempatan yang ditentukan perusahaan. Untuk menyelesaikan permasalahan diatas dibutuhkan sistem pendukung keputusan yang handal, yaitu dengan menggunakan metode ARAS. Dengan adanya sistem pendukung keputusan dapat meningkatkan kualitas keputusan yang akan dibuat. Pemilihan promotor handphone biasanya berdasarkan berbagai macam kriteria tidak hanya melihat dari segi kepribadian saja akan tetapi dari berbagai kriteria lain yang sangat berpengaruh dalam proses pemilihan dan lain-lain. Jika saja promotor handphone yang akan dipilih sudah sesuai dengan keinginan, maka sudah tentu penilaian promotor handphone tersebut akan menjadi pendukung keputusan yang baik.Hasil dari penerepan metode ARAS ini dapat menghasilkan urutan alternatif promotor handphone yang tepat bagi pihak Cahaya Ponsel dalam memilih promotor handphone terbaik berdasarkan kriteria yang telah ditentukan perusahaan.

Author Biographies

M. Iqbal Imannda, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Kamil Erwansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Zaimah Panjaitan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

P. Rekrutmen, S. D. A. N. Penempatan, G. Kristen, and T. Papua, “KEUANGAN GKI DI TANAH PAPUA Proses penarikan dari pelamar yang cakap untuk menempati diidentifikasi,†J. Manaj. dan Organ. Rev., vol. 1, no. November, pp. 151–156, 2019.

Nia Komalasari, “Sistem Pendukung Keputusan Kelaikan Terbang (SPK2T),†J. Ind. Elektro dan Penerbangan 4, vol. 4, no. 1, pp. 1–11, [Online]. Available: https://scholar.google.com/scholar?oi=bibs&cluster=573809911365804404&btnI=1&hl=id&authuser=1.

T. R. Sitompul and N. A. Hasibuan, “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Tenaga Kerja Untuk Security Service Menggunakan Metode Aras,†J. Media Inform. Budidarma, vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2018, doi: 10.30865/mib.v2i1.812.

“BAB II - SALES 2.†.

B. A. B. Ii, A. D. Teori, and B. Bermakna, “Kajian Teori,†pp. 9–64, 2011.

U. I. Gorontalo, “MENGGUNAKAN METODE ADDITIVE RATIO ASSESSMENT ( ARAS ),†vol. 4, no. 1, 2019.

S. Pendukung, K. Seleksi, and T. Kerja, “UNTUK SECURITY SERVICE MENGGUNAKAN METODE ARAS,†vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2018.

Anas, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Desa Terbaik Menggunakan Additive Ratio Assesment (ARAS),†J. Sist. Inf. Dan Tek. Komput., vol. 4, no. 1, pp. 32–39, 2019.

Downloads

Published

2021-07-30

Issue

Section

Articles

URN