SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KELAYAKAN PESERTA MAGANG KE JEPANG PADA DINAS TENAGA KERJA SUMATERA UTARA MENGGUNAKAN METODE ADDITIVE RATIO ASSESMENT

Authors

  • Angga Kari Wardhana Hasibuan STMIK Triguna Dharma
  • Nur Cahyo Budi Nugroho STMIK Triguna Dharma
  • Fifin Sonata STMIK Triguna Dharna

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i7.4266

Abstract

Penyeleksian peserta magang ke Jepang merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja Sumatera Utara untuk mencari peserta magang ke Jepang yang layak untuk dikirim dan ditempatkan disana. Kenyataan di lapangan pihak instansi Dinas Tenaga Kerja Sumatera Utara kurang siap dalam proses penyeleksian peserta magang ke jepang. Prosedur pengolahan data yang digunakan masih manual, mengakibatkan kurangnya keefektifan dalam penyeleksian peserta magang ke Jepang. Untuk menyelesaikan permasalahan di atas dibutuhkan sistem pendukung keputusan yang handal, yaitu dengan menggunakan metode Additive Ratio Assesment (ARAS). Dengan adanya sistem pendukung keputusan dapat meningkatkan kualitas keputusan yang akan dibuat. Penentuan peserta magang biasanya berdasarkan berbagai macam kriteria tidak hanya melihat dari segi kondisi fisik saja akan tetapi dari berbagai kriteria lain yang sangat berpengaruh dalam proses pemilihan dan lain-lain. Jika alternatif yang dipilih sudah sesuai dengan standar, maka sudah tentu penilaian tersebut menjadi pendukung keputusan yang baik. Hasil dari penerapan metode Additive Ratio Assesment (ARAS)ini dapat menghasilkan urutan ke;ayakan alternatif peserta magang dengan tepat dan terbaik yang telah dinilai dengan berbagai macam kriteria.  

Author Biographies

Angga Kari Wardhana Hasibuan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Nur Cahyo Budi Nugroho, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Fifin Sonata, STMIK Triguna Dharna

Sistem Informasi

References

R. Perdana and A. Yani, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Kelayakan Pengiriman Peserta Magang Ke Jepang Pada Dinas Tenaga Kerja Kota Medan Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP).â€

Fajar Israwan, "PENERAPAN MULTI-OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RATIO (MOORA) DALAM PENENTUAN ASISTEN LABORATORIUM," Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, vol. 5, no. 1, 2019.

A. Y. Labolo, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Dengan Menggunakan Metode Additive Ratio Assessment (Aras),†Simtek J. Sist. Inf. dan Tek. Komput., vol. 5, no. 1, pp. 31–35, 2020, doi: 10.51876/simtek.v5i1.69.

S. Solechan, “Rekrutmen Program Pemagangan ke Jepang: Suatu Tinjauan Program Pemerintah Daerah,†Adm. Law Gov. J., vol. 1, no. 3, pp. 326–344, 2018, doi: 10.14710/alj.v1i3.326-344.

Reski Mai Candra, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sekolah Anak Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Dan Metode Perbandingan Eksponensial (MPE)," 2017.

Gathot Pujo Sanyoto, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN LAPTOP UNTUK KEBUTUHAN OPERASIONAL DENGAN METODE AHP (STUDI KASUS: DIREKTORAT PEMBINAAN KURSUS DAN PELATIHAN KEMDIKBUD),†Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 2017.

Muhammad Noor and Hasan Siregar, "IMPLEMENTASI WEIGHT PRODUCT MODEL (WPM) DALAM MENENTUKAN PEMILIHAN SEPEDA MOTOR SPORT BERBASIS SPK," Kumpulan JurnaL Ilmu Komputer (KLIK), vol. 04, 2017.

Dede Wira Trise Putra and M Epriyanto, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SEPEDA MOTOR JENIS SPORT 150CC BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCY PROCESS (AHP)," JURNAL TEKNOIF, vol. 5, no. 2, pp. 16-24, Oct. 2017.

Didin Sirojudin, M I Pd, Universitas Dosen, A Kh, and Hasbullah Mr Wahab, "Relevansi Pembuatan Keputusan Dalam Organisasi Pendidikan Islam," vol. 4, no. 2, 2019.

Agung Kharisma Hidayah, Yetman Erwadi, Kharisma and Yetman, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Dengan Metode Simple Additive Weighting," JSAI, vol. 2, no. 1, 2019.

Siti Aisyah, “APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN ANALISIS KELAYAKAN PEMBERIAN KREDIT MENGGUNAKAN METODE SAW PADA PERUSAHAAN LEASING,†Jurnal Teknovasi, 2019.

L. Dadang, “Penerapan Metode Additive Ratio,†vol. 8106, pp. 1–13, 2020, doi: 10.20895/INISTA.V2I2.

Downloads

Published

2021-07-30

Issue

Section

Articles

URN