Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kelainan Pada Janin Menggunakan Teorema Bayes

Authors

  • Nurul Anisa STMIK Triguna Dharma
  • Zulfian Azmi STMIK Triguna Dharma
  • Afdal Alhafiz STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i1.4259

Abstract

Janin adalah sesuatu yang berada dalam rahim, ketika gumpalan daging dan sesuatu yang melekat telah dapat dibedakan, serta ruh telah dihembuskan padanya. Kelainan pada janin merupakan masalah medis yang paling sering ditemukan di masyarakat. Berdasarkan penelitian di Rumah Sakit Umum Mitra Sejati keadaan dokter yang sulit ditemui di Rumah Sakit. Dalam hal ini masyarakat masih belum sepenuhnya menyadari bahwa sulit untuk mendapat informasi tentang penyakit kelainan pada janin sehingga membuat masyarakat tidak begitu paham dengan penyakit ini.Penelitian ini memiliki tujuan untuk menciptakan Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kelainan Pada Janin Menggunakan Teorema Bayes. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dirancanglah Sistem Pakar dengan Menggunakan Teorema Bayes yang dilakukan dengan menginisialisasi penyakit dan gejala, identifikasi penyakit dan gejala, representasi pengetahuan, dan menentukan nilai probabilitas.Hasil dari sistem ini berupa mengetahui penyakit kelainan pada janin secara akurat melalui gejala-gejala yang terjadi. Dapat disimpulkan penggunaan metode Teorema Bayes.

Author Biographies

Nurul Anisa, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Zulfian Azmi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Afdal Alhafiz, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

P. Studi Sistem Informasi and S. Triguna Dharma, “SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT ANEMIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TEOREMA BAYES * Trinanda Syahputra #1 , Muhammad Dahria #2 , Prilla Desila Putri #3,†Saintikom, vol. 16, no. 3, pp. 284–294, 2017.

E. Aulia, “Penerapan Metode Certainty Factor Dalam Mendiagnosa Virus Torch Dengan Menggunakan Mesin Inferensi Forward Chaining,†vol. 7, no. 2, pp. 182–188, 2020.

H. T. SIHOTANG, E. Panggabean, and H. Zebua, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Herpes Zoster Dengan Menggunakan Metode Teorema Bayes,†vol. 3, no. 1, 2019, doi: 10.31227/osf.io/rjqgz.

S. W. Nasution, N. A. Hasibuan, and P. Ramadhani, “Sistem Pakar Diagnosa Anoreksia Nervosa Menerapkan Metode Case Based Reasoning,†Konf. Nas. Teknol. Inf. dan Komput., vol. I, no. 1, pp. 52–56, 2017, [Online]. Available: http://www.stmik-budidarma.ac.id/ejurnal/index.php/komik/article/download/472/413%0A.

P. S. Ramadhan and U. F. S. Pane, “Analisis Perbandingan Metode (Certainty Factor, Dempster Shafer dan Teorema Bayes) untuk Mendiagnosa Penyakit Inflamasi Dermatitis Imun pada Anak,†J. SAINTIKOM (Jurnal Sains Manaj. Inform. dan Komputer), vol. 17, no. 2, pp. 151–157, 2018, [Online]. Available: https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jis/article/view/38.

Downloads

Published

2019-01-30

URN