Implementasi Metode Additive Ratio Assessment Untuk Menentukan Siswa Terbaik Pada Ekstrakurikuler Tahfidz MTs. Nurul Iman Tanjung Morawa

Authors

  • Widya Ahad Diningrum STMIK Triguna Dharma
  • Asyahri Hadi Nasyuha STMIK Triguna Dharma
  • Asyahri Hadi Nasyuha STMIK Triguna Dharma
  • Devri Suherdi STMIK Triguna Dharma
  • Devri Suherdi STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i7.4257

Abstract

Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman merupakan sekolah islam yang berprestasi dibidang akademik dan non akademik. Salah satunya dibidang non akademik yaitu ekstrakurikuler tahfidz yang merupakan kegiatan pendidikan dibidang keagamaan yang berfokus untuk melatih sisiwa dalam membaca, memahami dan mendalami al-qur’an, dan sebagai media pembelajaran untuk menyalurkan bakat seorang hafidz al-qu’ran. Nantinya siswa yang diharapkan dapat memahami dan memiliki kemampuan yang baik dapat meningkatkan prestasinya dalam kegiatan keagamaan. Selama ini penilaian prestasi siswa masih dilakukan secara manual sehingga keputusan yg diambil tidak konsisiten. Oleh karena itu dibuatlah suatu sistem untuk menentukan siswa terbaik pada ekstrakurikuler tahfidz dengan mengimplentasikan sistem pendukung keputusan. Sistem Pendukung Keputusan merupakan sistem informasi berbasis komputer yang digunakan untuk memecahkan masalah dalam mengambil keputusan dengan memanfaatkan data. Salah satunya membangun suatu sitem pendukung keputusan dengan mengimplementasikan Metode Additive Ratio Assessment Untuk Menentukan Siswa Terbaik Pada Ekstrakurikuler Tahfidz. Adapun hasil dari sistem pendukung keputusan ini menunjukan bahwa dengan mengimplementasikan sistem pendukung keputusan dapat membantu sekolah dalam menentukan siswa terbaik yang layak dapat meningkatkan pretasinya dalam kegiatan keagamaan yang nantinya diharapkan dapat mewakili sekolah dalam kejuaraan tahfidz al-quran.

Author Biographies

Widya Ahad Diningrum, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Asyahri Hadi Nasyuha, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Asyahri Hadi Nasyuha, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Devri Suherdi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Devri Suherdi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Z. Zulkifli and W. Wirdanengsih, “Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Tahfizd di SMA Negeri 5 Padang,†J. Sikola J. Kaji. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 1, no. 3, pp. 198–206, 2020, doi: 10.24036/sikola.v1i3.23.

R. L. Strinariswari and B. Susetyo, “Strategi Pembelajaran Ekstrakurikuler Paduan Suara Di Smpnegeri 2 Jepara,†J. Seni Musik, vol. 4, no. 2, pp. 59–67, 2015, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsm%0ASTRATEGI.

N. A. Syafitri, Sutradi, and A. P. Dewi, “Penerapan Metode Weighted Product Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Berbasis Web,†semanTIK, vol. 2, no. 1, pp. 169–176, 2019.

M. Zunaidi and J. Halim, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Kualitas Produksi Jernang Terbaik Menggunakan Metode AHP,†Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD, vol. 2, no. 2, pp. 10–20, 2019.

E. S. Sipayung, “Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) Sistem Pendukung Keputusan Kegiatan Ekstrakurikuler Terbaik Menggunakan Metode Aras (Additive Ratio Assesment),†pp. 3–8, 2020.

Downloads

Published

2021-07-30

Issue

Section

Articles

URN