Implementasi Metode Multiplicative Random Number Generator (MRNG) Pada Aplikasi Ujian Sekolah Berbasis Komputer

Authors

  • Ricky Prasetyadi STMIK Triguna Dharma
  • Nurcahyo Budi Nugroho STMIK Triguna Dharma
  • Azlan Azlan STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i2.4238

Abstract

Pelaksanaan ujian sering kali digagalkan dengan kecurangan-kecurangan yang dilakukan oleh murid-murid, mulai dari melihat jawaban secara diam-diam sampai dengan mencontek teman sebelahnya. Tentunya dengan kecurangan yang dilakukan oleh murid-murid tersebut memiliki dampak yang merugikan murid itu sendiri. Dimana murid tidak akan tahu kemampuan aslinya dan kecurangan tersebut juga akan membawa murid untuk berbuat curang kembali dilingkungan luar sekolah. Salah satu solusi yang dilakukan pihak sekolah yang saat ini telah dilaksanakan guna untuk meminimalisir kecurangan yang dilakukan pada saat ujian adalah menerapkan ujian online dengan soal acak. Dalam pengacakan soal timbul lagi masalah baru dimana ketika pengacakan soal dilakukan membutuhkan banyak waktu dan soal teracak hanya dalam beberapa versi pengacakan. Artinya soal yang ada pada murid dibagi acak berdasarkan kode paket soal.Berdasarkan permasalahan yang ada, maka dari itu dibutuhkanlah sebuah sistem yang mampu mengacak soal ujian. Dan metode yang tepat untuk digunakan adalah metode Multiplicative Random Number Generator. Ciri khas dari Random Number Generator adalah terjadi pengulangan pada periode waktu tertentu atau setelah sekian kali pembangkitan, hal ini adalah salah satu sifat dari metode ini, dan pseudo random generator pada umumnya. apabila nilai increment (c) adalah 0, maka disebut algoritma Multiplicative Congruential Generator ..Hasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi yang digunakan untuk ujian siswa SMK Nurcahaya dengan berbasis komputer

Author Biographies

Ricky Prasetyadi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Nurcahyo Budi Nugroho, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Azlan Azlan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Nurkholis, “PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI,†Jurnal Kependidikan, vol. 1, nº 1, 2013.

M. Ganda Arizqia e A. Aris Widodo, “Rancang Bangun Aplikasi Dengan Linear Congruent Method (LCM) Sebagai Pengacakan Soal,†Journal of Information Technology and Computer Science (JOINTECS), vol. 1, nº 2, 2017.

Prima Denny Sentia, “PENDEKATAN SIMULASI UNTUK ANALISIS ANTRIAN PADA BENGKEL SERVIS PT. X,†OPTIMASI SISTEM INDUSTRI, vol. 15, nº 2, 2016.

R. K. Dinata, “IMPLEMENTASI ALGORITMA MULTIPLICATIVE CONGRUENTIAL RANDOM NUMBER GENERATOR PADA TRY-OUT SMP (SEKOLAH MENENGAH PERTAMA) BERBASIS CLIENT SERVER,†TECHSI, vol. 10, nº 1, 2018.

R. K. Dinata, “IMPLEMENTASI ALGORITMA MULTIPLICATIVE CONGRUENTIAL RANDOM NUMBER GENERATOR PADA TRY-OUT SMP (SEKOLAH MENENGAH PERTAMA) BERBASIS CLIENT SERVER,†TECHSI, vol. 10, nº 1, pp. 129-140, 2018.

Downloads

Published

2020-02-28

URN