Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Gedung Pernikahan pada Rama Wedding Organizer dengan Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto

Authors

  • Dimas Prayoga STMIK Triguna Dharma
  • Hendryan Winata STMIK Triguna Dharma
  • Trinanda Syahputra STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i7.4229

Abstract

Resepsi merupakan kegiatan suatu pesta yang dihadiri oleh para undangan atau tamu undangan. Dengan melihat pengertian dari resepsi tersebut maka resepsi pernikahan merupakan sebuah acara yang memerlukan adanya persiapan yang cukup matang, sehingga setiap kesalahan atau masalah yang akan timbul dapat diminimalisir. Saat ini, kendala yang sering ditemukan oleh banyak pasangan yang akan melangsungkan pernikahan diantaranya adalah kebingunan dan mengalami kesulitan dalam mempersiapkan acara akad nikah maupun resepsi pernikahan. Salah satu persiapan yang cukup penting dalam sebuah pernikahan adalah pemilihan lokasi atau gedung. Pemilihan lokasi yang tepat bukanlah hal yang mudah. Semakin beragamnya pilihan serta fasilitas yang ditawarkan, dapat membuat pasangan kesulitan dalam mengambil keputusan.       Permsalahan tersebut memerlukan sebuah keilmuan yang mampu dan teruji dalam pemilihan gedung pernikahan pada Rama Wedding Organizer dengan menggunakan sistem pendukung keputusan. Sistem pendukung keputusan digunakan untuk pemilihan gedung pernikahan pada Rama Wedding Organizer. Metode sistem pendukung keputusan dapat mengembangkan dalam upaya dalam menetukan yang akan digunakan  dengan menggunakan metode Fuzzy Tsukamoto.       Hasil penelitian ini bermanfaat bagi Rama Wedding Organizer dan dapat digunakan model untuk mendapatkan keputusan menentukan yang akan digunakan  tepat dari suatu yang samar.

Author Biographies

Dimas Prayoga, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Hendryan Winata, STMIK Triguna Dharma

Teknik Komputer

Trinanda Syahputra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

R. M. Simanjorang, H. D. Hutahaean and H. T. Sihotang, "Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Bahan Pangan Bersubsidi Untuk Keluarga Miskin Dengan Metode Ahp Pada Kantor Kelurahan Mangga," Journal Of Informatic Pelita Nusantara, vol. Volume 2 No 1, no. 2541-3724, pp. 22-31, 2017

H. H. and M. S. Abdillah, "Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Notebook Menggunakan Logika Fuzzy Tahani," Jurnal Informatika Mulawarman, vol. VI No.3, pp. 98-104, 2017.

N. Novita, "Metode Fuzzy Tsukamoto Untuk Menentukan Beasiswa," Jurnal & Penelitian Teknik Informatika , Vol. I No.1, No. 2541-2019, Pp. 51-54, 2016.

A. T. Purba, "Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penerimaan Mahasiswa Baru Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp)," Jurnal Tekinkom, Vol. Iv, No. 1, Pp. 1-7, 2018.

T. Mufizar, T. Nuraen And A. Salama, "Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penentuan Pertukaran Pelajar Di Sma Negeri 2 Tasikmalaya Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp)," Universitas Klabat Anggota Coris, Vol. I, No. 1, Pp. 68-82, 2017.

R. Taufiq And H. P. Sari, "Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jumlah Produksi Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto," Jurnal Teknik: Universitas Muhammadiyah Tangerang, Vol. Viii, No. 1, Pp. 6-10, 2019.

Downloads

Published

2021-07-30

Issue

Section

Articles

URN