Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Facial Foam Yang Disarankan Untuk Digunakan Oleh Pria Dengan Jenis Kulit Berminyak Menggunakan Metode Waspas (Weighted Aggregated Sum Product Assesment)

Authors

  • Anita Uli Purba STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Fitri Boy STMIK Triguna Dharma
  • Khairi Ibnutama STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i8.4226

Abstract

Perawatan kulit wajah saat ini sudah mulai mendapat perhatian dari kaum pria, permasalahan yang sering timbul pada kulit wajah pria antara lain seperti kulit sensitif, jerawat pori-pori besar, pigmentasi, kulit kering, kulit kusam, bintik hitam, komedo, serta penuaan dini Hal ini tentu sangat mengganggu penampilan dari pakaian dan segala aksesoris yang dipakainya, dengan adanya kulit yang sehat hal ini dapat membuat penampilan pria menjadi lebih segar dan terlihat lebih elegan. Bermacam polusi yang mengenai kulit wajah dapat menciptakan radikal bebas. Akibatnya, sel-sel kulit wajah rusak dan timbul masalah lain seperti tanda-tanda penuaan. Guna membantu meregenerasi sel kulit wajah perlu menerapkan sabun muka untuk membersihkan wajah. Dengan begitu, sel kulit baru membuat wajah tampak fresh dan kondisinyapun menjadi lebih sehat. Untuk menentukan hal itu maka perlu dilakukan sebuah penentuan keputusan dengan menerapkan sistem pendukung keputusan. Pemanfaatan sistem pendukung keputusan sangat tepat jika diterapkan pada Siera Salon & Spa karena dapat membantu dalam pengambilan keputusan dalam pemilihan facial foam pada pria. Sistem pendukung keputusan merupakan pasangan intelektual dari sumber daya manusia dengan kemampuan komputer untuk memperbaiki keputusan, yaitu sistem pendukung keputusan berbasis komputer bagi pembuat keputusan manajemen yang menghadapi masalah terstruktur. Dalam melakukan seleksi tersebut dapat digunakan salah satu metode dalam sistem pendukung keputusan yaitu metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS). Metode WASPAS juga pernah digunakan dalam kasus pemilihan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pegawai Bank Terbaik dengan menyelesaikan studi kasus dengan menganalisa kriteria sebagai dasar proses dilakukannya seleksi untuk mengambil kesimpulan

Author Biographies

Anita Uli Purba, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ahmad Fitri Boy, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Khairi Ibnutama, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

V. Maarif et al., “1 , 2 , 3 1,†vol. 7, no. 2, pp. 73–80, 2019.

A. N. Sari, “Antioksidan Alternatif Untuk Menangkal Bahaya Radikal Bebas Pada Kulit,†J. Islam. Sci. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 63–68, 2015.

V. Maarif, H. M. Nur, and T. A. Septianisa, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Skincare Yang Sesuai Dengan Jenis Kulit Wajah Menggunakan Logika Fuzzy,†EVOLUSI J. Sains dan Manaj., vol. 7, no. 2, pp. 73–80, 2019, doi: 10.31294/evolusi.v7i2.6755.

S. Sugiarti, D. K. Nahulae, T. E. Panggabean, and M. Sianturi, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kebijakan Strategi Promosi Kampus Dengan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS),†JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 5, no. 2, pp. 103–108, 2018.

T. N. Sianturi, L. Siburian, R. G. Hutagaol, and S. H. Sahir, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pegawai Bank Terbaik Menggunakan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assessment ( WASPAS ),†pp. 625–631, 2018.

A. A. Chamid, “Penerapan Metode Topsis Untuk Menentukan Prioritas Kondisi Rumah,†Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 2, p. 537, 2016, doi: 10.24176/simet.v7i2.765.

G. Wibisono, A. Amrulloh, and E. Ujianto, “Penerapan Metode Topsis Dalam Penentuan Dosen Terbaik,†Ilk. J. Ilm., vol. 11, no. 2, pp. 102–109, 2019, doi: 10.33096/ilkom.v11i2.430.102-109.

Downloads

Published

2020-08-30

URN