Implementasi Data Mining Dalam Menentukan Pola Ketersediaan Stok Barang Berdasarkan Permintaan Konsumen Di PT.Yummy Food Utama Menggunakan Algoritma Apriori

Authors

  • Sri Ayu Nasution STMIK Triguna Dharma
  • Mukhlis Ramadhan STMIK Triguna Dharma
  • Widiarti Rista Maya STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i7.4219

Abstract

PT. Yummy Food Utama merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang industri pengolahan susu, khususnya produk soft fresh cheese, yaitu keju dan yoghurts, dan produk lainnya. Adapun permasalahan yang terjadi pada perusaahan ini yaitu, perusahaan kesulitan menentukan pola ketersedian stok barang yang kurang baik dan data yang masuk dan keluar tidak stabil dan mengakibatkan kerugian terhadap perusahaan, perusahaan selama ini masih melakukan pengecekan barang setiap harinya masih menggunakan secara manual dan mengalami kesulitan dalam menentukan stok barang yang harus dipenuhi berdasarkan permintaan konsumen. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dibutuhkan sebuah aplikasi data mining menggunakan algoritma apriori sebagai pendukung pengambilan keputusan dalam menetukan pola ketersediaan stok barang berdasarkan permintaan konsumen Maka dari ini dirancanglah sebuah sistem aplikasi berbasis deskstop dengan menggunakan metode data mining dengan algoritma apriori guna untuk mendapatkan sebuah pola ketersediaan stok baranng berdasarkan permintaan konsumen. Dari hasil penelitian ini dapat membuat pola ketersediaan stok barang secara sistematis,sehingga pihak PT.Yummy Food Utama dapat menganalisis kebutuhan konsumen dapat dipenuhi secara baik dan akurat.Kata Kunci : Data Mining, Algoritma Apriori, Pola Ketersediaan Stok Barang

Author Biographies

Sri Ayu Nasution, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Mukhlis Ramadhan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Widiarti Rista Maya, STMIK Triguna Dharma

Teknik Komputer

References

I. S. Rachman, A. V. S. Hubeis, and S. S. F. Motik, “Strategi Peningkatan Brand Loyalty dan Customer Satisfaction Bisnis Yogurt di Indonesia (Studi Kasus: PT Yummy Food Utama),†J. Apl. Bisnis dan Manaj., vol. 3, no. 2, pp. 324–333, 2017, doi: 10.17358/jabm.3.2.324.

T. Arifin, “Metode Data Mining Untuk Klasifikasi Data Sel Nukleus Dan Sel Radang Berdasarkan Analisa Tekstur,†Informatika, vol. II, no. 2, pp. 425–433, 2015.

A. Fikri, “Implementasi Algoritma Apriori Dalam Menetukan Program Studi Yang Diambil Mahasiswa,†J. Iptek Terap., vol. 10, no. 2, pp. 81–85, 2016, doi: 10.22216/jit.2016.v10i2.402.

M. A. Solihin, F. K. Dwinanda, and I. Agusti, “Coffee Cafe Berbasis Mobile Mobile-Based Stock-Processing Aplication on Hoax Coffee,†vol. 3, pp. 22–27, 2020.

W. N. Mira Erlinawati, “Implementasi Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen terhadap Bisnis Online,†Serambi Huk., vol. 11, no. 01, pp. 27–40, 2017.

Downloads

Published

2021-07-30

Issue

Section

Articles

URN