Decision Support System Dalam Pemilihan Kepala Dusun Di Kecamatan Pinangsori Dengan Menerapkan Metode Additive Ratio Assessment (ARAS)

Authors

  • Desi Ramadhani Nasution STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Zunaidi STMIK Triguna Dharma
  • Mhd Gilang Suryanata STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i5.4212

Abstract

Kepala Dusun adalah orang yang mengetahui sebuah dusun, pada satu wilayah dibawah desa. Kepala Dusun bertugas dalam melaksanakan keputusan pada desa di dusunnya masing-masing, lalu kemudian melaksanakan kebijakan dari Kepala Desa di wilayah dusunnya masing-masing. Selama ini pemilihan Kepala Dusun sering bersifat subjektif. Maka dari itu perlu adanya suatu sistem yang dapat menangani permasalahan mengenai pemilihan Kepala Dusun. Solusi yang dapat dilakukan terhadap permasalahan diatas yaitu dengan membangun sistem pendukung keputusan untuk membantu pemilihan Kepala Dusun di Kecamatan Pinangsori. Metode yang dipilih untuk mendukung pemecahan masalah tersebut adalah Additive Ratio Assessment (ARAS) yaitu dengan cara membandingkan nilai indeks keseluruhan setiap alternatif terhadap nilai indeks keseluruhan alternatif optimal. Hasil dari penerapan sistem pendukung keputusan dapat membantu Kecamatan Pinangsori dalam pemilihan Kepala Dusun di Kecamatan Pinangsori sehingga terhindar dari tindakan kecurangan. Dimana, sistem ini diharapkan juga dapat memberikan solusi atau penyelesaian terhadap permasalahan yang ada pada kecamatan yang lain.

Author Biographies

Desi Ramadhani Nasution, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Zunaidi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Mhd Gilang Suryanata, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

S. Sugiman, “Pemerintahan Desa,†Binamulia Huk., vol. 7, no. 1, pp. 82–95, 2018, doi: 10.37893/jbh.v7i1.16.

P. Yendri et al., “PUBLIKA : Jurnal Ilmu Administrasi Publik Peranan Kepala Dusun Dalam Membantu Tugas Kepala Desa Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar,†vol. 5, no. 2, 2019.

S. W. Sari and B. Purba, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Ketua Danru Terbaik Menggunakan Metode ARAS,†Semin. Nas. Teknol. Komput. Sains SAINTEKS 2019, pp. 291–300, 2019.

Anas, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Desa Terbaik Menggunakan Additive Ratio Assesment (ARAS),†J. Sist. Inf. Dan Tek. Komput., vol. 4, no. 1, pp. 32–39, 2019.

C. Maulana, A. Hendrawan, and A. P. R. Pinem, “Pemodelan Penentuan Kredit Simpan Pinjam Menggunakan Metode Additive Ratio Assessment (Aras),†J. Pengemb. Rekayasa dan Teknol., vol. 15, no. 1, p. 7, 2019, doi: 10.26623/jprt.v15i1.1483.

Downloads

Published

2020-05-30

Issue

Section

Articles

URN