Implementasi Security System Data Customer Pegadaian Dengan Penerapan Metode Hill Cipher Dan Xor

Authors

  • Fernanda Akp Harefa STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Syahril STMIK Triguna Dharma
  • Sri Kusnasari STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i3.4177

Abstract

Data merupakan suatu hal yang sangat berharga pada zaman teknologi informasi saat ini, terkhususnya jika data tersebut sangat rahasia yang tidak boleh diketahui banyak orang. Data sangat penting bagi setiap orang, karena  data mengandung informasi terutama di zaman teknologi yang terus berkembang sampai saat ini. Sebagian orang masih belum sadar betapa pentingnya suatu keamanan data. Data bisa diamankan apabila menggunakan suatu teknik untuk menyembunyikan ataupun mengubah data aslinya menjadi data acak.Dari permasalahan tentang data, ada suatu bidang ilmu yang dapat menangani permasalahan tersebut yaitu Kriptografi dengan menggunakan metode Hill Cipher dan XOR. Kriptografi merupakan suatu bidang ilmu yang bertujuan untuk menyembunyikan suatu data ataupun informasi dengan menggukanan teknik penyandian atau enkripsi.Dari penelitian ini menghasilkan aplikasi sistem yang dapat melakukan penyandiaan data yang akan merubah isi data asli menjadi suatu data acak dan tentunya tidak akan diketahui siapapun yang ingin memanfaatkan data tersebut. 

Author Biographies

Fernanda Akp Harefa, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi (SI)

Muhammad Syahril, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi (SI)

Sri Kusnasari, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi (SI)

References

M. D. Irawan, “Implementasi Kriptografi Vigenere Cipher Dengan Php,†J. Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, p. 11, 2017, doi: 10.36294/jurti.v1i1.21.

Suhardi, “Aplikasi Kriptografi Data Sederhana Dengan Metode Exlusive-or (Xor),†J. Teknovasi, vol. 03, no. 2, pp. 23–31, 2016.

A. Setyawan, “Analisa Cryptography Dengan Penghitungan Manual Menggunakan Algoritma Chiper Hill,†no. 2, pp. 198–208, 2015.

R. S. Kharisma, M. Aziz, and F. Rachman, “Pembuatan Aplikasi Notes Menggunakan Substitution Cipher Kombinasi Kode Ascii Dan Operasi Xor Berbasis Android,†vol. XII, pp. 1–7, 2017.

Jamaludin, Kriptografi : Teknik Hybrid Cryptosystem Menggunakan Kombinasi Vigenere Cipher dan RSA, Cetakan I. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

Downloads

Published

2020-03-30

Issue

Section

Articles

URN