Implementasi metode Teorema bayes mendeteksi kerusakan radiator mobil

Authors

  • Indah Leni Tobing STMIK TRIGUNA DHARMA MEDAN
  • Hendryan Winata STMIK TRIGUNA DHARMA MEDAN
  • Saniman Saniman STMIK TRIGUNA DHARMA MEDAN

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i3.4172

Abstract

Radiator mobil memegang peran penting dalam mesin pembakaran bahan bakar, didalam silinder mesin menyalurkan energi panas ke dalam bentuk tenaga putar. Pengguna mobil sering sekali megalami masalah pada mobil termasuk pada suhu atau kinerja mobil sehingga kebingunan dengan kondisi mesin mobil yang sering tidak stabil dan sering juga mobil tersebut sampai mogok, dan tidak jarang mengalami masalah ditengah perjalanan. Yang salah satu penyebab mobil mogok kebanyakan diakibatkan radiator yang bermasalah.Berdasarkan permasalahan, maka akan dibangun sebuah sistem yang dapat mempermudah pemberian solusi masalah kerusakan radiator. Dikarenakan pada saat ini masih banyak pengguna mobil yang memiliki keterbatasan waktu dan biaya. Dimana penelitian ini akan menerapkan sebuah kecerdasan buatan yaitu Sistem Pakar (Expert System) agar dapat membantu pengguna mobil untuk melakukan konsultasi kerusakan radiator mobil dan menerapkan metode Teorema Bayes.Hasil dari penelitian ini dengan sistem pakar yang diterapkan dalam mendeteksi kerusakan berdasarkan analisa dari seorang pakar dalam kerusakan radiator mobil diharapkan dapat membantu pengguna mobil dalam proses penanganan untuk pencegahan terjadinya kerusakan radiator. 

Author Biographies

Indah Leni Tobing, STMIK TRIGUNA DHARMA MEDAN

Sistem informasi

Hendryan Winata, STMIK TRIGUNA DHARMA MEDAN

Sistem informasi

Saniman Saniman, STMIK TRIGUNA DHARMA MEDAN

Sistem informasi

References

REFERENSI

F. Lumbanbatu, “Analisis Pipa-Pipa Radiator Yang Memakai Pendingin Air Beralih Ke Coolant Pada Mobil Toyota Avanza,†J. Tek. Mesin UPMI, vol. 1, no. 1, pp. 12–20, 2020.

S. Siagian, “Analisa Kinerja Radiator Mobil Terhadap Perubahan Pembebanan AC,†J. Ilm. FT-Upn Veteran Jakarta, vol. 12, no. 1, pp. 53–60, 2016.

S. N. Wahyuni and L. Garjita, “Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Gigi Menggunakan Algoritma Bayes,†Indones. J. Bus. Intell., vol. 2, no. 1, p. 9, 2019, doi: 10.21927/ijubi.v2i1.1020.

J. Karman and J. Saputra, “Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Sepeda Motor Honda Bebek Berkarburator Dengan Menggunakan Metode Teorema Bayes Berbasis Web Mobile,†J. Tek. Inform. Musirawas, vol. 3, no. 1, p. 58, 2018, doi: 10.32767/jutim.v3i1.304.

J. Teknovasi, “Pengaruh Penggunaan Air Sumur , Air Coolant , Air Tetes a C Terhadap Suhu Mesin Pada Mobil Toyota Kijang Grand Extra 1994,†vol. 07, pp. 86–91, 2020.

Downloads

Published

2019-03-30

Issue

Section

Articles

URN