Sistem Pakar Mendiagnosis Penyakit Lumpuh Bebek Menggunakan Metode Dempster Shafer

Authors

  • Kristin Reh Agina Br Sembiring STMIK Triguna Dharma
  • Hafizah Hafizah STMIK Triguna Dharma
  • Rudi Gunawan STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i3.4170

Abstract

Bebek mempunyai banyak kegunaan seperti telur dan dagingnya tidak terlepas dari kebutuhan konsumsi sehari-hari. Namun ada permasalahan utama yang hampir setiap tahunnya dialami bagi peternak bebek. Penyakit pada bebek merupakan masalah serius yang menjadi rintangan bagi para peternak. Wabah penyakit tersebut sangat merugikan bagi pengusaha peternak. Banyak bebek yang baru terkena lumpuh ataupun gejala-gejala ringan harus segera dimusnahkan karena minimnya pengetahuan akan jenis penyakit pada bebek. Dengan adanya hal tersebut dapat disimpulkan bahwa perlu adanya suatu pemanfaatan teknologi. Dengan menyimpan informasi aturan penalaran yang memadai memungkinkan komputer memberikan kesimpulan atau pengambil keputusan yang kualitasnya sesuai dengan kemampuan seorang pakar ilmu dalam bidang tertentu. Salah satu cabang ilmu sistem informasi yang dapat mendukung tersebut adalah sistem pakar dengan metode dempster shafer. Hasil dari penelitian ini dengan sistem pakar yang diterapkan dalam mendiagnosis penyakit lupuh bebek berdasarkan analisa dari seorang pakar diharapkan dapat membantu peternak dalam proses penanganan untuk pencegahan terjadinya penyakit lumpuh bebek yang lebih parah dan mengakibatkan kerugian besar bagi peternak.

Author Biography

Kristin Reh Agina Br Sembiring, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi (SI)

References

M. G. Setiawan, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Pada Ikan Bandeng Berbasis Web,†Skripsi, no. sistem pakar, 2017.

A. G. Ramadhan, T. Susyanto, and I. A. Prabowo, “SISTEM DIAGNOSA PENYAKIT FLU BURUNG PADA BEBEK,†vol. 7, no. 2, pp. 29–34, 2019.

M. Metode and D. B. Android, “Jurnal Coding Sistem Komputer Untan Jurnal Coding Sistem Komputer Untan ISSN : 2338-493X,†vol. 05, no. 1, 2017.

H. Salistiwa, “Rancang Bangun Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Sapi Dengan Metode Dempster-Shafer Berbasis Web,†J. Sist. dan Teknol. Inf., no. Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN), 2015.

P. Informatika, B. Darma, M. Program, and S. Teknik, “CERTAINTY FACTOR,†pp. 100–103, 2013.

Downloads

Published

2021-11-30

URN