Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Gastroenteritis (Flu Perut) Pada Anak Menggunakan Metode Teorema Bayes

Authors

  • Suyenardo Panjaitan STMIK Triguna Dharma
  • Firahmi Rizky STMIK Triguna Dharma
  • Hafizah Hafizah STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i8.4169

Abstract

Penyakit Gastroenteritis (Flu Perut) sebagian besar diderita oleh orang dewasa, orang lanjut usia, maupun anak-anak hal ini disebabkan sistem imunitas yang ada pada tubuh anak masih lemah serta memiliki sensitifitas yang tinggi terhadap infeksi bakteri, virus, lingkungan, dan udara. Penyakit Gastroenteritis (Flu Perut) yang menyerang pada anak-anak dapat menyebabkan mual, muntah, diare, kram perut, atau terkadang demam pada penderitanya.Dengan adanya hal tersebut dapat disimpulkan bahwa perlu dibutuhkannya suatu ilmu kecerdasan buatan dengan membuat sistem pakar sebagai alternatif informasi dan media komunikasi yang lebih praktis, yang di mana di dalamnya terdapat informasi tentang mendiagnosa Penyakit Gastroenteritis (Flu Perut) agar memudahkan Asisten Bidan yang ikut menangani, ataupun masyarakat umum dalam melaksanakan diagnosa sementara, sehingga membantu pihak Bidan untuk mengambil suatu keputusan, hal ini dapat diterapkan dengan sistem pakar.Hasil dari penelitian ini dengan sistem pakar yang diterapkan dalam mendiagnosa penyakit berdasarkan analisa dari seorang pakar dalam penyakit Gastroenteritis diharapkan dapat membantu pasien dalam proses penanganan untuk pencegahan terjadinya penyakit Gastroenteritis yang lebih parah. 

Author Biographies

Suyenardo Panjaitan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi (SI)

Firahmi Rizky, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi (SI)

Hafizah Hafizah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi (SI)

References

I. D. M. Krisnayana, P. A. Mertasana, and M. Sudarma, “Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Gastroenteritis Berbasis Android Dengan Metode Classification and Regression …,†J. SPEKTRUM, vol. 7, no. 3, 2020, [Online].Available: https://ocs.unud.ac.id/index.php/spektrum/article/download/63780/36363.

M. Puspajati, N. Saputri, R. R. Isnanto, and I. P. Windasari, “Aplikasi Sistem Pakar Pendeteksi Gastroenteritis Berbasis Android,†vol. 5, no. 3, pp. 110–114, 2017, doi: 10.14710/jtsiskom.5.3.2017.110-114.

H. Kurnia, “Sistem Pakar Berbasis Web untuk Mendiagnosa Penyakit Gastroenteritis Pada Anak Di RSUD Pariaman Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining,†no. November, pp. 295–303, 2019.

N. B. Riyanto and O. Suria, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pencernaan Mengunakan Metode Teorema Bayes Digestive Disease Diagnosis Expert System Using Bayes Theorem Method,†pp. 7–12 2018.

I. Russari, “SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT BATU GINJAL,†pp. 18–22, 2016.

Downloads

Published

2022-07-05

URN