Sistem Pendukung Keputusan Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Indomaret Menggunakan Metode Fuzzy Servqual

Penulis

  • putri nisrina uzdah SMTIK Triguna Dharma
  • Puji Sari Ramadhan STMIK Triguna Dharma
  • Khairi Ibnutama STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i7.4163

Abstrak

PT. Indomarco Pristama (Indomaret) merupakan perusahaan ritel berskala nasional dan jejaring waralaba terbesar di seluruh Indonesia. Indomaret merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok, Indomaret merupakan perusahaan yang sedang berkembang pesat hingga saat ini, dalam kualitas pelayanan merupakan upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen serta ketepatan penyampaiannya dalam mengimbangi harapan konsumen. Kepuasan konsumen merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam pelayanan. Oleh karena itu manajemen perusahaan harus terus berupaya untuk meningkatkan kepuasan konsumen..Namun dalam proses pencarian penilaian kepuasan pelanggan tersebut dengan cara sistem sangat tidak efektif dan efisien. Maka dari itu, untuk mencari tingkat kepuasan pelayanan terhadap konsumen di Indomaret agar lebih objektif, efektif dan efisien dapat dilakukan dengan sistem pendukung keputusan berbasis Artificial Intelligence, Dalam kasus ini dapat diterapkan metode Fuzzy Servqual untuk mengambil keputusan sehingga dapat meningkatkan kepuasan terhadap konsumen.Dengan menggunakan metode Fuzzy Servqual. (service quality) yaitu metode yang digunakan untuk mengetahui kriteria - kriteria kualitas yang harus ditingkatkan kualitas pelayanan nya berdasarkan gap yang terjadi antara persepsi dan harapan pelanggan. Diantara berbagai model pengukuran kualitas pelayanan (Servqual). metode ini diterapkan untuk membantu memberikan rekomendasi kepuasan konsumen terhadap pelayanan Indomaret  

Biografi Penulis

putri nisrina uzdah, SMTIK Triguna Dharma

Sistem Informasi (SI)

Puji Sari Ramadhan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi (SI)

Khairi Ibnutama, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi (SI)

Referensi

G. P. Sanyoto, R. I. Handayani, and E. Widanengsih, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Untuk Kebutuhan Operasional Dengan Metode Ahp ( Studi Kasus :,†J. Pilar Nusa Mandiri Vol.13, No. 2., vol. 13, no. 2, pp. 167–174, 2017.

R. Febrianto, R. Sovia, and D. Kartika, “ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TRAVEL PADANG - PEKANBARU PADA PT. PUTRA NUSA MULYA DENGAN PENDEKATAN FUZZY SERVQUAL DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN,†vol. 7, no. 2, pp. 201–219, 2017.

E. Sutinah and O. R. Simamora, “Metode Fuzzy Servqual Dalam Mengukur Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Layanan BPJS Kesehatan,†J. Inform., vol. 5, no. 1, pp. 90–101, 2018, doi: 10.31311/ji.v5i1.2944.

American Journal of Sociology, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Pergururan Tinggi Terbaik Dengan Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting) Arief,†J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019.

E. A. Riyanto and T. Haryanti, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN TELLER POOLING TERBAIK PADA PT. BCA Tbk. DENGAN METODE SAW (Simple Additive Weighting),†J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 13, no. 1, pp. 128–135, 2017.

Diterbitkan

2021-07-30

Terbitan

Bagian

Articles

URN