Pengamanan Data Penjualan Dengan Kriptografi Algoritma Rivest Shamir Adleman (RSA) Pada Toko Baju Family

Authors

  • Sitti Khoirun Nisa STMIK Triguna Dharma
  • Mukhlis Ramadhan STMIK Triguna Dharma
  • Devri Suherdi STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i7.4162

Abstract

Perkembangan teknologi komputer pada saat ini memberikan dampak yang besar dalam penyampaian informasi. Maka keamanan data menjadi salah satu aspek yang sangat penting dalam sistem informasi saat ini. Salah satunya dalam pengamanan data penjualan. Toko Baju Family adalah toko yang bergerak dalam bidang bisnis. Beberapa produk yang ditawarkan pada toko ini yaitu baju, jaket, sepatu, kaus kaki dan masih banyak yang lainnya. Toko Baju Family menggunakan teknologi komputer dalam melakukan proses transaksi penjualan sehingga setiap transaksi yang dilakukan tersimpan dalam bentuk data penjualan. Data penjualan pada Toko Baju Family adalah salah satu data yang bersifat rahasia, sehingga hanya pihak-pihak tertentu saja yang dapat menerima dan membaca data penjualan itu, maka diperlukannya pengamanan pada data penjualan tersebut.Pada permasalahan yang dibahas, dengan menerapkan Perancangan Aplikasi Keamanan Data salah satunya dengan menggunakan algoritma RSA (Rivest Shamir Adleman) dalam mengamankan data penjualan. Dengan mengamankan data penjualan bertujuan untuk membantu pegawai dalam mengamankan data penjualannya.Hasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi Pengamanan Data dengan Algoritma RSA (Rivest Shamir Adleman) yang dapat membantu pegawai dalam mengamankan data absensi bulanan karyawan yang berada pada Toko Baju Family.

Author Biographies

Sitti Khoirun Nisa, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Mukhlis Ramadhan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Devri Suherdi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

D. Wijaya and R. Irawan, “Prosedur Administrasi Penjualan Pada Usaha Jaya Teknika Jakarta Barat,†Perspektif, vol. 16, no. 1, pp. 26–30, 2018.

S. Setti, I. Gunawan, B. E. Damanik, S. Sumarno, and I. O. Kirana, “Implementasi Algoritma Advanced Encryption Standard dalam Pengamanan Data Penjualan Ramayana Department Store,†JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 7, no. 1, p. 182, 2020, doi: 10.30865/jurikom.v7i1.1960.

F. N. Pabokory, I. F. Astuti, and A. H. Kridalaksana, “Implementasi Kriptografi Pengamanan Data Pada Pesan Teks, Isi File Dokumen, Dan File Dokumen Menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard,†Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 10, no. 1, p. 20, 2016, doi: 10.30872/jim.v10i1.23.

I. Gunawan, “Kombinasi Algoritma Caesar Cipher dan Algoritma RSA untuk pengamanan File Dokumen dan Pesan Teks,†InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), vol. 2, no. 2, pp. 124–129, 2018, doi: 10.30743/infotekjar.v2i2.266.

M. Prof. Dr. Eri Barlian, Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Sukabina Press, 2017.

Downloads

Published

2021-07-30

Issue

Section

Articles

URN